APENSO INDONESIA

header ads

KEPALA DINAS PENDIDIKAN JAWA TIMUR WAHID WAHYUDI : BELAJAR ONLINE DI RUMAH PERLU PERAN AKTIF ORANG TUA

KEPALA DINAS PENDIDIKAN JAWA TIMUR WAHID WAHYUDI : BELAJAR ONLINE DI RUMAH PERLU PERAN AKTIF ORANG TUA
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalism
Apenso Indonesia


Proses belajar di rumah dalam masa pendemi virus Covid-19 selama Maret hingga April di Jawa Timur selain proses belajar memakai sistem digital juga perlu peran aktif orang tua. "Orang tua harus ikut mengawasi putra-putrinya dalam melaksanakan kegiatan belajar dirumah," ungkap Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur Wahid Wahyudi.

Dalam dialog interaktif di RRI Surabaya pertengahan April Wahid meminta, agar orang tua aktif membantu guru untuk memberikan informasi mengenai aktifitas peserta didik selama melaksanakan belajar di rumah. "Guru juga berperan aktif berinteraksi dengan orang tua," ujarnya sembari menambahkan memang belajar di rumah rentan peserta didik kurang disiplin.

Sehingga, guru tidak hanya melakukan pemantauan secara optimal melainkan juga memberikan penugasan peserta sesuai mata pelajaran yang ada. "Memang belajar di rumah tidak ada target ketuntasan tapi tetap berlandaskan kurulikulum, tidak kalah pentingnya peserta didik harus mendapatkan persoalan virus covid-19," kata Wahid yang pernah menjabat Kepala Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur.

"Ditinjau dari segi positipnya belajar di rumah secara online sebenarnya sesuai era teknologi digital dan sebagai proses pembelajaran yang luar biasa," imbuhnya penuh semangat. Diakui, proses belajar di rumah tidak terlepas dari berbagai kekurangan dan perlu masukan dari kalangan masyarakat.

"Kirimkan berbagai masukan tentang belajar di rumah kepada kami, langsung di WhatsApp saya 084322151515" pinta Wahid yang menambahkan pihaknya juga mengapresiasi adanya peran serta media yang membuat kreasi belajar lewat media.

Salah satu contoh belajar lewat media telah dilakukan RRI Surabaya dalam Program Untukmu Ibu Pertiwi berupa belajar di Radio. "Program tersebut berlangsung setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 11.00 WIB, melibatkan narasumber guru dari beberapa SMK-SMA di Surabaya dan bentuknya dialog interaktif," kata Kepala Bidang Siaran RRI Surabaya Ernal Rosa yang juga mengungkapkan dalam Program Belajar di RRI peserta didik dapat langsung mengajukan pertanyaan kepada narasumber.

Sementara belajar di media juga dilakukan di TVRI mulai Senin, 13 April 2020 merupakan kerjasama antara Kemendikbud dengan TVRI. #belajarbarengTVRI
Adapun agendanya sebagai berikut :
08.00 - 08.30 - PAUD
08.30 - 09.00 - Kelas 1 - 3
10.00 - 10.30 - Kelas 4 - 6
10.30 - 11.00 - SMP
14.00 - 14.30 - SMA
14.30 - 15.00 - Parenting

Posting Komentar

0 Komentar