APENSO INDONESIA

header ads

MENGHAPUS AKUN APLIKASI ZOOM DEMI KEAMANAN

MENGHAPUS AKUN APLIKASI ZOOM DEMI KEAMANAN
Oleh : Jaenuri
Guru SMAN 1 Gresik
Apenso Indonesia



Semenjak bergulirnya sistem kerja di rumah atau dalam istilah WFH (work from home) dan pola pembelajaran daring (Dalam Jaringan) berbagai media komunikasi dicari sebagai solusi media pertemuan karena penyebaran virus corona covid-19.

Mulai dengan menggunakan media sosial, seperti Whatsapp (WA), Telegram, dan Line. Media yang populer saat ini dan sering digunakan sebagai media komunikasi antara lain Hangout Meet Google, Skype, Microsaft Teams, Cisco Webex, dan Zoom.

Booming aplikasi vidio conferencing zoom banyak dipakai sebagai sarana tatap muka dari rumah untuk keperluan rapat hingga sekolah/kuliah.

 Zoom bisa digunakan secara gratis namun dibatasi durasi waktu 40 menit dan maksimal peserta 100 orang. Zoom dikenal karena kehandalnnya dan jarang down. Selain itu, kualitas vidio dan audionya relatif tidak terganggu meskipun sistem koneksi kurang bagus atau tidak stabil, hemat konsumsi data dibandingkan dengan lainnya. Itulah beberapa alasan banyak memilih aplikasi Zoom. Banyak pengguna Zoom enggan beralih menggunakan aplikasi lainnya.

Masalah keamanan privasi perlahan muncul, salah-satunya aksi hacker menyusup ke dalam vidio conference seseorang. Mengutip CNBC Indonesia, yang disampaikan Alfons pengguna Zoom harus ekstra hati-hati dengan sistem keamanan data akun. Salah-satu issue yang krusial adalah End to End Encrytion yang dilakukan Zoom tidak 100% end to end. Hal ini tentunya meresahkan pengguna Zoom.

Sejumlah organisasi, perusahaan, pemerintah, kampus, dan sekolah melarang pengggunaan Zoom. Amerika, Taiwan, Jerman, Singapura lebih awal melarang menggunakan Zoom.

Jika khawatir data kita disalahgunakan oleh hacker, hal terpenting yang segera dilakukan adalah menghapus akun di Zoom bukan menghapus aplikasi di gadget atau komputer.

Adanya anggapan dengan melakukan uninstal/hapus aplikasi Zoom, data sudah terhapus. Lebih aman adalah melakukan hapus akun dan berhenti menggunakan Zoom.

Berikut cara untuk menghapus akun di Zoom :
1. Masuklah ke situs Zoom.us
2. Lanjutkan dengan sign-in ke akun Zoom yang anda miliki (telah dibuat).
3. Klik Account management, kemudian Account profile
4. Pilihlah opsi Terminate my account dan konfirmasi dengan klik Yes.
5. Selanjutnya anda akan logged out dan akun Zoom milik kita sudah terhapus.

Semoga bermanfaat. Aamiin...


Email : j4en74@gmail.com

Posting Komentar

0 Komentar