APENSO INDONESIA

header ads

Belajar AL QUR’AN Dan Hadist Tentang Corona Melalui Pesantren Ceria

“Belajar AL QUR’AN Dan Hadist Tentang Corona Melalui Pesantren Ceria“
Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Ramadhan kali ini tentu berbeda, ramadhan ditengah cobaan penyebaran Covid-19 membuat aktifitas dibatasi bahkan mungkin dihentikan, namun tidak demikian dalam kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah.

Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) menjadi aktifitas rutin yang dilakukan oleh guru, demikian juga rutinitas kegiatan yang dilakukan saat datangnya bulan suci Ramadhan yaitu Pesantren Kilat (Sanlat) tidak serta merta dihilangkan, Guru dan Sekolah putar ide bagaimana kegiatan yang rutin tersebut tetap bisa dilakukan disaat kondisi sekarang.

Hal itupun dilakukan di SMP PGRI 6 Surabaya, Kepala SMP PGRI 6 Surabaya mengatakan meski dengan suasana kondisi sekarang dimana aktifitas Sekolah dilakukan dengan online atau jarak jauh dan tidak diperbolehkan mengumpulkan siswa, Sekolah harus berupaya membuat kegiatan pesantren kilat yang menyenangkan disesuakan dengan kondisi yang ada.

Kegiatan Pesantren Ramadhan Ceria yang menjadi aktifitas rutin setiap bulan suci Ramadhan pun tetap dijalankan namun dilakukan dengan daring atau online, ada beberapa kegiatan diramu menyesuaikan kondisi namun tidak menghilangkan keceriaan pesantren ramadhan yang dilakukan.

Dalam rangka mempersiapkan Pengembangan Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui kegiatan Pesantren Kilat SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir pada hari Senin 11/5/2020 mengikuti Pesantren Kilat Daring Melalui TV 9.

Dalam kesempatan tersebut, siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya mulai menonton TV 9 materi tentang ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi yang menjelaskan tentang Edukasi Pencegahan Virus Corona dan Cara Menyikapinya (AL-QUR'AN HADIS).

Kegiatan Pondok Ramadhan TV 9 tersebut dimulai kelas 1-3 pukul 07.30-08.00, kelas 4-6 pukul 08.00-08.30, sedangkan SMP pukul 08.30-09.00. Selesai menonton TV 9 tersebut seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya menulis Surat Maryam ayat -13 dan Surat Yusuf ayat Ke -50 di Buku Gambar A3 lengkap dengan artinya.

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwasannya tujuan dari kegiatan tersebut adalah Pengembangan Pendidikan Karakter serta Ayat-ayat Al-Qur'an dan Hadis Nabi yan menjelaskan tentang Edukasi Pencegahan Virus Corona dan Cara Menyikapinya (AL-QUR'AN HADIS).

Kegiatan Pondok Ramadhan tahun ini walaupun hanya dengan daring Alhamdulilah sangat meriah dan seluruh siswa/siswi sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut dimana siswa yang ikut tersebut menggunakan pakaian Busana Muslim, sehingga diharapkan pelaksanaannya seperti di sekolah, walaupun dikerjakan di rumah. Adapun kegiatan Pondok Ramadhan 1441 H/2020 M mulai 11 Mei 2020 sampai 16 Mei 2020.

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis berharap agar COVID–19 segera hilang dari muka bumi ini dan Penulis mengimbau kepada seluruh Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya serta seluruh Masyarakat selalu memakai masker, serta sarung tangan dimanapun berada termasuk jika ada di sekolah untuk melaksanakan piket serta beliau meminta untuk selalu cuci tangan, agar tubuh kita terbebas dari COVID–19 tersebut, sehingga harapannya agar COVID–19 segera hilang dari kota Surabaya, apalagi setelah ini memasuki bulan Suci Ramadhan, sehingga bisa puasa dengan aman dan nyaman untuk menjalankan ibadah puasa.

#TantanganGuruSiana  
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar