APENSO INDONESIA

header ads

Falsafah Jawa : Hidup Lebih Bermakna

FALSAFAH JAWA : 
HIDUP LEBIH BERMAKNA
Oleh : apensoindonesia.com


“Sura Dira Jayaningrat, Lebur Dening Pangastuti”
Artinya : Segala sifat keras hati, picik, angkara murka, hanya bisa dikalahkan dengan sikap bijak, lembut hati, dan sabar. Hal ini ternyata masih berlaku di kehidupan kita, dimana kita harus bersabar jika dihadapkan dengan sesuatu yang menimbulkan emosi.

“Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara”
Artinya : Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah, dan tamak. Setiap manusia pasti akan mengusahakan agar selalu selamat dan sejahtera dalam hal apapun.

“Urip Iku Urup”
Artinya : Hidup itu Nyala
Hidup itu seharusnya memberikan manfaat bagi orang lain disekitar kita. Semakin besar manfaat yang bisa kita berikan tentu akan lebih baik. Besar atau kecil kebaikan itu pasti akan memberikan manfaat.

“Aja Gumunan, Aja Getunan, Aja Kagetan, Aja Aleman”
Falsafah tersebut memiliki arti untuk Jangan mudah terheran-heran, Jangan mudah menyesal, Jangan mudah terkejut-kejut, dan Jangan mudah manja.

“Datan Serik Lamun Ketaman, Datan Susah Lamun Kelangan”
Artinya : Jangan mudah sakit hati ketika ditimpa musibah atau Jangan sedih manakala kehilangan sesuatu. Falsafah ini mengajarkan kita harus tetap berpikir positif.

-------
🌸🌸🌸

Posting Komentar

0 Komentar