APENSO INDONESIA

header ads

Kuliah Umum Reformasi Pendidikan Nasional Bersama NADIEM Makariem (2)

(2)

“Kuliah Umum Reformasi Pendidikan Nasional Bersama NADIEM Makariem“
Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Webinar Reformasi Pendidikan Nasional didukung : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Bakti Kominfo, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Pegadaian Persero, Mandiri Syariah, Unika Sugiyapranata Semarang, Bantex diadakan pada hari Selasa 5/5/2020 dalam rangka mengisi saat buka Puasa.

Dalam kesempatan tersebut Alhamdulilah Penulis dapat bergabung dalam acara tersebut. Dalam kesempatan tersebut yang menjadi Moderator Direktur Pemberitaan Media Indonesia – Usman Kansong. Dan yang menjadi narasumber Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia – Nadiem Anwar Makarim. Kuliah Umum “Reformasi Pendidikan Nasional”. 

Dalam paparannya Mas Nadiem menyampaikan bahwa COVID – 19 ini bukan memperlambat inovasi, tetapi justru sangat mempercepat. Karena antara Guru, Siswa, dan Orang tua sangat terbuka dalam mencoba metode dan aplikasi terbaru. Dari sanalah tumbuh empati baru antara Guru dan Orang tua dalam mengajar, Mas Nadiem meminta agar para Guru, Siswa, dan Orang tua keluar dari zona aman dimana Siswa dan Guru harus mampu mengembangkan kearifan lokal, Nadiem juga menyampaikan bahwa Guru tidak dapat digantikan oleh teknologi secanggih apapun.

Nadiem berharap agar Guru memberikan luang kepada siswa banyak tanya, banyak coba, dan banyak berkarya. Konsep Merdeka belajar tersebut merupakan cara terbaru dalam pembelajaran, jangan takut salah, karena dari kesalahan kita dapat belajar paling cepat. Di akhir Penutup Mas Nadiem berharap agar masyarakat sadar pembelajar banyak sekali kesulitan dan tantangan, Humanisme dalam pembelajaran hilang menimbulkan rasa frustasi terlalu banyak tugas – tugas yang diberikan oleh guru akibat krisis pandemic COVID-19 tersebut.

Acara tersebut juga dapat diakses melalui •Youtube : https://bit.ly/streamingkuliahumum
•FB : https://bit.ly/fbkuliahumum
•IG : https://bit.ly/igkuliahumum

Dimana Link tersebut dapat di akses kepada masyarakat yang tidak dapat bergabung dalam acara kuliah Umum tersebut Penulis sangat mengapresiasi kegiatan semacam ini, diharapkan acara tersebut dapat berlanjut sambil mengisi waktu untuk berbuka, jadi biar ada manfaat, mengingat masa pandemic COVID–19 tersebut juga kesulitan untuk jalan-jalan, paling-paling sambil nunggu buka adalah tiduran, tapi dengan adanya kegiatan tersebut bisa menambah pengetahuan, pengalaman, teman serta yang terpenting Alhamdulilah bisa dapat materi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan langsung dari Menteri Pendidikan sambil menunggu adzan buka puasa.

Dalam kesempatan yang baik ini Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berharap agar COVID–19 segera hilang dari muka bumi ini dan Penulis mengimbau kepada seluruh Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya serta seluruh Masyarakat selalu memakai masker, serta sarung tangan dimanapun berada termasuk jika ada di sekolah untuk melaksanakan piket serta beliau meminta untuk selalu cuci tangan, agar tubuh kita terbebas dari COVID–19 tersebut, sehingga harapannya agar COVID–19 segera hilang dari kota Surabaya, apalagi setelah ini akan memasuki Lebaran, sehingga bisa Lebaran dengan aman dan nyaman bersama keluarga.

#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar