APENSO INDONESIA

header ads

Matematika Mesir Kuno dan Fenisia (5)

Matematika Mesir Kuno dan Fenisia ( 5 )
(Ahmes menulis Rumus Dasar Aritmatika)
Oleh : Suryadi
Director Education 
Apenso Indonesia


Dalam naskah Papirus yang tersimpan di Museum Inggris, diuraikan tentang pencapaian orang Mesir Kuno di bidang matematika. Naskah tersebut ditulis oleh Ahmes, sekitar 1000 tahun SM, berisi kumpulan soal aritmatika dan geometri.

Tertulis jawabannya, tetapi tidak dituliskan langkah-langkah untuk memperoleh jawaban soal-soal tersebut. Tampaknya yang mengetahui langkah-langkah penyelesaian soal-soal tersebut hanya terbatas pada orang-orang tertentu yang ahli.

Walaupun demikian, Ahmes telah memberitahukan metode yang telah ditemukannya. Dia menyatakan bahwa 2/3 merupakan hasil penjumlahan dari 1/2 dan 1/6. Dijelaskannya lagi bahwa 2/3 x 1/5 = 1/2 x 1/5 + 1/5 x 1/6 = 1/10 + 1/30.

Setelah menguraikan masalah pecahan, Ahmes memberikan contoh-contoh langkah dasar dalam penyelesaian soal-soal aritmatika. Dia menyatakan bahwa perkalian adalah merupakan penjumlahan berulang. Contoh, dia akan mengalikan a x 13. Mula-mula 2 x a = 2a, kemudian 2a x 2 = 4a, lalu 4a x 2 = 8a. Terakhir dia menjumlahkan a + 4a + 8a = 13 a.

Pembagian merupakan bentuk pengurangan berulang, tetapi dia tidak menguraikan langkah-langkahnya.

Aritmatika dalam naskah Papirus ditunjukkan bahwa dia mempunyai ide tentang simbol aljabar. Bilangan yang tidak diketahui ditampilkan dalam bentuk simbol. Penjumlahan digambarkan dengan sepasang langkah kaki ke depan. Pengurangan digambarkan dengan langkah kaki ke belakang.

Posting Komentar

0 Komentar