APENSO INDONESIA

header ads

PAULINA SOUSRI GURU SENI BUDAYA YANG GEMAR MELUKIS BUNGA OBYEK BUNGA MAWAR DAN BURUNG GEREJA

PAULINA SOUSRI GURU SENI BUDAYA YANG GEMAR MELUKIS BUNGA OBYEK BUNGA MAWAR DAN BURUNG GEREJA
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalism
Apenso Indonesia


"Bunga mawar salah satu jenis bunga yang selalu Indah, enak dipandang dan tidak lekang termakan waktu," ungkap salah seorang pelukis Wanita Sidoarjo yang juga Pendidik Mapel Seni Budaya SMA Katholik St.Louis Surabaya.

Bu Paulina sapaan akrab Paulina Sousri yang juga menyukai kebebasan burung gereja yang berkerumun dan terbang bertebaran ke berbagai tempat.

"Bunga Mawar dan Burung Gereja banyak menginspirasi karya-karya saya beberapa tahun ini," jelas Bu Paulina yang kelahiran Cepu sekitar 52 tahun lalu.

Perempuan yang juga tercatat Pengurus MGMP Seni Budaya Kota Surabaya ini cenderung menyukai, corak dekoratif, disamping memiliki daya tarik tersendiri juga berkarakter mendukung terwujudnya sebuah estetika sebuah kreasi lukisan.

Corak atau aliran dekoratif mempunyai kecenderungan menghias sehingga mampu memberikan nilai tambah pada sebuah lukisan. "Contoh jika saya menggambar daun tapi tidak sekedar lukisan daun yang biasa namun saya menambahkan beberapa ornamen lebih indah dan menarik," ucap Bu Paulina penuh semangat.

Berbicara aktifitas pameran kata Bu Paulina yang alumnus IKIP Semarang itu, puluhan kali ikut pameran bersama di dalam dan di luar Jawa Timur diantaranya Jakarta dan Denpasar. "Saya sebenarnya ingin pameran tunggal, memang kelihatannya berat, tapi akan saya coba, semoga segera dapat terwujud," tandas Bu Paulina yang menggali inspirasi dari berbagai sumber diantaranya imajinasi dan obyek nyata.

"Kalau obyek nyata semisal bunga akan saya pelajari dulu anatominya sebelum saya lukis," imbuhnya sembari tersenyum.

Posting Komentar

0 Komentar