APENSO INDONESIA

header ads

Pythagoras Ahli Matematika Yunani Kuno (569 SM – 500 SM)

Pythagoras Ahli Matematika Yunani Kuno 
(569 SM – 500 SM)
Oleh : Suryadi
Director of Education
Apenso Indonesia


Pythagoras lahir di Samos sekitar 569 SM dan meninggal sekitar 500 SM. Dia pernah berguru kepada Pherecydes dan Anaximander.

Pythagoras pernah pergi ke Thebes dan Memphis. Setelah meninggalkan Mesir dia pergi ke Asia Minor, tinggal di Samos untuk memberi kuliah. Selanjutnya pindah ke Sicily, pindah ke Tarentum dan pindah lagi ke Croton.

Pythagoras membuka sekolah di Croton, muridnya banyak bahkan diikuti juga dari masyarakat kelas atas. Murid dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas pemula dan kelas khusus. Pythagoras membentuk perkumpulan yang tertarik pada kesamaan pandangan filsafat dan politik.

Pythagoras telah memperoleh dalil-dalil geometri menggunakan metode deduksi yang menjadi dasar pendidikan liberal. Pythagoras diakui juga sebagai orang pertama yang melakukan reformasi moral dan filsafat yang berdasarkan matematika.

Penganut Pythagoras membagi matematika menjadi empat bagian diantaranya : aritmatika, aplikasi bilangan (musik), geometri, dan astronomi. Empat bagian ini dinamakan “quadrivium” ditetapkan sebagai kurikulum pendidikan liberal.

Posting Komentar

0 Komentar