APENSO INDONESIA

header ads

Thales salah seorang dari Seven Sages of Greece

Thales salah seorang dari Seven Sages of Greece
Oleh : Suryadi
Director of Education
Apenso Indonesia


Thales sebagai orang pertama yang mendirikan sekolah filsafat dan matematika di Yunani, lahir sekitar 640 SM di Miletus, meninggal sekitar 550 SM di kota yang sama. Thales dikenal juga sebagai salah seorang dari Seven Sages of Greece (Tujuh Orang Arif Yunani).

Dalam perjalanan hidupnya, Thales sebelumnya tertarik pada dunia bisnis dan pelayanan publik. Diceritakan bahwa dia pernah mengangkut garam menggunakan beberapa binatang keturunan keledai. Salah satu dari binatang tersebut tergelincir saat melewati sungai kecil, sehingga muatan garam menjadi basah terkena air.

Kejadian itu mengakibatkan banyak garam yang terlarut. Untuk mengatasi berkurangnya berat garam yang terlarut, maka Thales menambah muatannya dengan kain bekas dan bunga ka-
rang agar dapat menyerap air.

Thales pergi ke Mesir pertama kalinya saat dia menjadi pedagang. Pada waktu luang dia belajar astronomi dan geometri. Dia kembali ke Miletus saat berumur setengah tua. Nampaknya dalam berbisnis Thales memperoleh banyak keberuntungan sehingga kondisi ekonominya sangat baik.

Selanjutnya dia memutuskan untuk belajar filsafat dan sain. Filsafat dan sain diajarkan di sekolah-sekolah Ionia, Pythagoras dan Atena.

Posting Komentar

0 Komentar