APENSO INDONESIA

header ads

ERGONOMIS : KURSI NYAMANKAH


ERGONOMIS : KURSI NYAMANKAH


Oleh : Gempur Santoso

Di rumah. Anda punya kursi dan meja makan?. Anggap punya. Anda pasti pernah duduk saat makan di meja makan. Yang Anda kerjakan memakan hidangan yang ada. Lihat..bentuk duduk Anda.

Selain itu. Anda pernah juga duduk menemui tamu. Tentu di ruang tamu. Duduk di kursi dan ada meja tamu. Yang Anda kerjakan, ngobrol dengan tamu. Lihat bentuk duduk Anda.

Duduk Anda, bentuk seluruh tubuh Anda, berbeda. Tetap sama posisi duduk, tapi bentuknya berbeda. Antara saat di kursi makan dan saat di kursi tamu.


Mengapa bentuk duduk Anda berbeda? Karena kursinya berbeda. Nah..sebagai bukti bahwa alat akan mengubah bentuk Anda. Saat beraktivitas.

Apa yang Anda kerjakan, buatlah alat, sesuaikan anropometri Anda. Agar Anda nyaman, tak melelahkan.

Tentu Anda harus menguasai "ilmu ergonomis". Hal itu sangat terkait fisiologis otot rangka Anda yang tidak mudah melelahkan.

Seberapa tinggi meja dan kursi. Seberapa agar kaki Anda tidak terbentur (nabrak) alas meja, saat duduk. Di mana letak sandaran kaki kursi dipasang. Sandaran kursi di buat pada bagian untuk menopang otot tulang belakang (geger/ vertebralis). Menopang bangkekan (pinggang/ lumbal).

Tentu perlu "ilmu ergonomis". Agar Anda tak terlalu butuh banyak tenaga. Juga, tak celaka, duduknya nyaman.

Anda pernah tahukah? Saat duduk di kursi tamu terlalu rendah. Meja pun terlalu rendah. Di ruang tamu.

Yang duduk pas perempuan. Posisi duduk perempuan itu, pakai anderok. Tampak "mlongo" (mekokok) duduknya. Tak sadar. Tentu kurang indah dipandang. Yang memandang pun agak "malu-malu kucing". Senyum diempet.

Selamat belajar ergonomi, mendesain kursi meja apapun.
Apakah sudah nyaman duduk Anda selama ini?
(GeSa)

Posting Komentar

0 Komentar