APENSO INDONESIA

header ads

PERUPA GATOT KINTRANGGONO TAK PERNAH SURUT BERKREASI

PERUPA GATOT KINTRANGGONO TAK PERNAH SURUT BERKREASI
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalisme Apenso Indonesia
apensoindonesia.com

(Gatot Kintranggono - Perupa Sidoarjo)

Sosok Gatot Kintranggono sejak aktif menjadi Guru Seni Budaya di jenjang SMP di Sidoarjo hingga purna tugas tahun 2018 tidak pernah jenuh berkreasi. Pak Gatot sapaan akrab Kintranggono tidak piawai berkarya di ranah seni rupa namun juga dikenal sebagai penggemar Flora.

Ia semenjak menjadi pendidik khususnya Sidoarjo selalu aktif memacu dan pelaku seni Sidoarjo untuk terus Semangat berkarya.

"Memang di lingkungan Sekolah tugas dan kewajiban untuk memperkenalkan potensi seni budaya sebagai bagian kegiatan olah rasa, tapi di kalangan seniman saya hanya mengingatkan dan memacu untuk terus berkarya," jelas Pak Gatot yang sejak era 90-an bersama almarhum perupa Bambang Hariaji tidak pernah jenuh mengupayakan kegiatan kesenian di Sidoarjo utamanya Seni Rupa.

"Potensi seni budaya di Sidoarjo sebenarnya sangat besar sekali hanya saja kurang didukung sarana prasarana yang memadai," ujar Pak Gatot yang pernah menjadi anggota Tim Survey pembangungan Gedung Kesenian Sidoarjo era pemerintahan Bupati Win Hendarso.

"Tim melakukan survey ke Jakarta, Bandung, Jogja, dan Denpasar, mencari masukan dan referensi untuk pembangunan Gedung Kesenian di Sidoarjo," ungkap pria yang pernah menjadi Pengurus Dewan Kesenian Sidoarjo era 2000-an.

Ia berharap Sidoarjo di era mendatang memiliki Gedung Kesenian yang memadai.

"Sudah waktunya Sidoarjo sebagai penyangga kota Surabaya memiliki Gedung Pameran, pentas kesenian yang representatif," tandas Gatot Kintranggono yang aktif dibeberapa Komunitas Seni di Sidoarjo.

Yu Paini mangan Rambak campur tumis, Seni Sidoarjo harus semarak dan optimis.

Posting Komentar

0 Komentar