APENSO INDONESIA

header ads

ZAMAN WEBINAR


ZAMAN WEBINAR


Oleh: Gempur Santoso


Tampaknya, situasi kondisi zaman mengalami perubahan. Kalau dunianya tetap. Bumi.

Dimana-mana, tiap hari ada seminar via wibinar on line. Macam-macam yang dibicarakan. Bukan ahli virus pun bicara coronavirus.

Bukan coronavirusnya yang dibicarakan, tapi zamannya. Mengapa kok muncul coronavirus. Termasuk analisis, kok ada virus. Termasuk pencerahan manusia agar tetap survive,  saat zaman coronavirus.

Tidak virus saja. Webinar on line di bidang lain. Pokok laku. Bisnis seminar on line. Pakai zoom milik google atau lainnya. Tentu kalau laku, banyak untung. Termasuk produsen pulsa/paketan internet, mungkin sangat untung besar.

Seminar via webinar gratis, ada juga.

Dunia pendidikan pun musim daring (dalam jaringan) on line. Kelihatannya himbauan daring semi wajib. Ini terjadi di zaman coronavirus. Tentu. Lagi-lagi produsen pulsa internet yang laba. Sebab tanpa pulsa internet semua macet.

Semua serba on line. Uang (money). E-Banking. Jual beli. macam-macan "go" misal : go food, go car, gojek, dan lain-lain. Serba on line.

Termasuk fb, WA, twitter, dan sebagainya. Semua on line. Tiap hari. Ada yang pakai hand phone (hp) android.

Apa ada yang tidak on line. Ada. Biasanya malah disebut "kuno". Di desa-desa, masih biasa pemakai manual. Di pasar, jual beli sayuran. Jual beli polo wijo (hasil nanam bahan utuk dimakan dari sawah/tanah). Hasil ikan dari kolam ikan. Dan lain-lain. Jumlahnya bayak juga yang tidak on line.

Zaman coronavirus. Memanfaatkan untuk bisnis. Bukan ahlinya pun sebagai narasumber. Asal laku. Apalagi konsumen terikat "sesuatu". Misal : ingin menyambung pertemanan, sertifikat, dan fomalitas yang lain.

Di dunia memang berubah. Tapi, ada zaman yang belum pernah berubah. Zaman belum pernah berubah, sejak dulu hingga sekarang disebut "zaman edan", yang tidak edan tidak kebagian.

Pada zaman "edan".  Ada pepatah menyebutan "sak bejone wong lali, isik bejo kang iling lan waspodo" (seberuntung orang lupa, masih beruntung orang yang selalu ingat juga waspada).

Semoga zaman coronavirus. Zaman webinar on line. Selalu ingat dan waspada. Semoga Anda tetap mendapat keberuntungan - halal. "Tidak tertipu", tidak katut "edan".

Salam sehat lahir batin semua...aamiin.
(GeSa)

------
Tulisan ini telah dimuat juga oleh koran Swaranews pada 23/4/2020.



Posting Komentar

0 Komentar