APENSO INDONESIA

header ads

GURU SMP PGRI 6 SURABAYA Berani Mengajar Dan Siap Belajar Membuat RPP 1 Lembar Menyambut Tahun Ajaran 2020-2

“GURU SMP PGRI 6 SURABAYA Berani Mengajar Dan Siap Belajar Membuat RPP 1 Lembar Menyambut Tahun Ajaran 2020-2021”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

   Guru adalah salah satu unsur penting yang harus ada sesudah siswa. Apabila seorang guru tidak punya sikap profesional maka murid yang di didik akan sulit untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Hal ini karena guru adalah salah satu tumpuan bagi negara dalam hal pendidikan.

   Dengan adanya guru yang profesional dan berkualitas maka akan mampu mencetak anak bangsa yang berkualitas pula. Kunci yang harus dimiliki oleh setiap pengajar adalah kompetensi. Kompetensi adalah seperangkat ilmu serta ketrampilan mengajar guru di dalam menjalankan tugas profesionalnya sebagai seorang guru sehingga tujuan dari pendidikan bisa dicapai dengan baik.

   Mutu dan profesionalitas guru masih menjadi tantangan utama pendidikan nasional. Sertifikasi dan peningkatan kesejahteraan guru belum meningkatkan mutu dan profesionalitas mereka banyak kendala menyebabkan peningkatan mutu dan profesionalitas ini tidak juga berhasil dicapai. Salah satunya adalah rendahnya motivasi belajar para guru.

   Guru tidak memiliki motivasi belajar. Seolah-olah, guru itu bertugas mengajari siswa dan melupakan belajar untuk meningkatkan kompetensi dirinya. Padahal, sambungnya, kalau berani mengajar, maka guru harus berani belajar. Melemahnya motivasi belajar ini berimplikasi pada apatisme dalam pembelajaran. Hal ini dipicu oleh sistem pembelajaran yang berpusat pada ancaman kelulusan, melalui ujian nasional (UN).

   Saat ini difokuskan pada upaya peningkatan mutu dan profesionalitas guru. Pihaknya akan terus membantu pemerintah meningkatkan kualitas guru dengan berbagai seminar dan pelatihan guna mengejar ketertinggalan itu. Tanpa guru yang bermutu, sulit mengharapkan pendidikan berkualitas.

   Dalam mempersiapkan Tahun Pelajaran 2020-2021 Guru – Guru di SMP PGRI 6 Surabaya mulai mempersiapkan Perangkat Mengajar mulai dari RPP, dimana RPP yang digunakan untuk Tahun Pelajaran 2020-2021 nulai Pendidikan Agama Budi Pekerti Kelas 7 dan Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 9.

   Dalam kesempatan ini siswa libur Guru – Guru sambil Work From Home Piket sambil menyusun RPP serta Perangkat Mengajar mulai Kelas 7 – Kelas 9. Dalam membuat RPP 1 Lembar Guru – Guru sama-sama belajar, antar Guru mengingat RPP 1 Lembar ini baru. Alhamdulilah dari belajar tersebut, akhirnya RPP Guru – Guru pada hari Rabu 1/7/2020 semua Mapel dan semua Kelas di SMP PGRI 6 Surabaya sudah JADI serta Siap di pakai untuk Tahun Ajaran Baru 2020/2021 .

   Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni JURUSAN PLS UNESA sangat Bangga terhadap Guru - Guru SMP PGRI 6 Surabaya karena semua tanpa ada contoh mampu membuat RPP, Penulis menyampaikan bahwa Bapak/Ibu Dewan Guru Lulus dari Pendidikan berarti Berani dalam Mengajar dan SIAP untuk Belajar KAPANPUN dan Dimanapun. Karena Belajar adalah Ilmu yang paling tinggi, karena tanpa Belajar kita akan HAMPA. 
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar