APENSO INDONESIA

header ads

Pikiran dan Pengobatan

Pikiran dan Pengobatan


Ditulis oleh : Suryadi
Director of Education 

  Nonton Nela Karisma melalui TV, merupakan salah satu cara seni menghibur diri. Ada hubungan rasa senang dengan sistem kekebalan tubuh.

  Daniel Goleman dalam bukunya Emotional Intelligence menuliskan sbb :
"Selama bertahun-tahun sejak itu, penemuan kecil Ader itu telah memaksa munculnya pandangan baru terhadap hubungan antara sistem kekebalan dan sistem saraf pusat.

  Bidang yang mempelajarinya, psikoneuroimunologi, atau PNI, sekarang merupakan ilmu kedokteran yang amat penting. Sebutannya itu mengakui adanya hubungan tersebut : psiko, atau pikiran ; neuro untuk sistem neuroendokrin (yang termasuk golongan sistem saraf dan sistem hormon); dan imunologi, untuk sistem kekebalan.

  Untuk menguji betapa pentingnya ujung-ujung saraf ini dalam kerja sistem kekebalan, Felten menempuh tahap lebih lanjut. Dalam percobaannya yang menggunakan binatang, ia membuang beberapa saraf dari limpa dan simpul-simpul getah bening tempat sel-sel kekebalan disimpan atau diproduksi dan kemudian menggunakan virus untuk menguji sistem kekebalannya.

  Hasilnya : respons kekebalan terhadap virus merosot besar-besaran. Kesimpulannya adalah bahwa tanpa ujung-ujung saraf itu, sistem kekebalan tidak memberi respons sebagaimana mestinya terhadap serangan virus atau bakteri.

  Pendek kata, sistem saraf bukan saja berhubungan dengan sistem kekebalan, melainkan sangat penting agar fungsi kekebalan dapat berjalan sempurna."

Posting Komentar

0 Komentar