APENSO INDONESIA

header ads

SI-KECIL DARING


SI-KECIL DARING

(Gambar Ilustrasi)

Oleh : Gempur Santoso


Namanya PAUD (pendidikan anak usia dini). Ada PAUD A - usia anak lebih muda. Ada PAUD B - anak usia atasnya PAUD A. Dulu biasa disebut TK (taman kanak kanak).

Ajaran baru. Tetap ada muridya. Ajaran baru. Masuk sekali. Satu kelas dijadikan dua kelas. Biar jarang duduknya. Mengikuti protokol kesehatan. 

PAUD itu depan rumah saya. Seberang jalan. Mbak Eka saya panggilnya. Atau tante Eka, anak saya biasa memanggilnya. Dia adalah jualan jajan dan bersih-bersih saat PAUD masuk. Dia bercerita itu. Saat ajaran baru ini masuk satu kali. Pengarahan. Intinya : selanjutnya belajar pakai metode daring (dalam jejaring). Tentu saja, ibuknya ikut mendengarkan.

Semua tampak prihatin. Diam. Manut. Menyadari adanya musibah coronavirus. Mengikuti pemerintah. Mengikuti anjuran pemimpin. 

Pandemi coronavirus ini musibah. Musibah siapa saja. Termasuk anak-anak didik yang masih kecil - PAUD. Biasanya murid kecil ini bisa bermain dengan teman-temannya. Bersosialisasi dengan teman-temannya. Anak kecil, sesama kecil, bermain segenerasinya. Saat ini, tidak.

Anak kecil. Bermain adalah belajar. Belajar juga sambil bermain. Bersama temannya. Di taman bermain. Maka, dulu namanya "taman"  kanak-kanak. Sekarang harus daring. 

Sangat mungkin anak-anak hanya bermain dengan ibunya. Atau siapa saja yang ada di rumah. Anak kecil bermain dengan gererasi lebih tua. Kadang, ikut ortu ke kantor ortu. Ya...darurat. Semoga tak selamanya.

Ortu (orang tau). Ada yang kerepotan. Anak kecilnya tidak hanya satu. Walau, kakaknya masih SD (sekolah dasar). Juga pakai daring. Ternyata semua daring. Pakai HP (handphone). 

Ortu. Direpotkan juga dengan HP, harus punya. Sebanyak jumlah anaknya yang masih sekolah. Harus bayar pulsa. Repot. Jalan keluarnya : ada yang pinjam, ada yang hutang. Semoga yang dipinjami dan dihutangi dapat imbalan dari Tuhan Alloh SWT.

Gedung dan manusia penghuninya PAUD, saat ini sepi.
Anak-anak kecil ...
Semoga tetap bahagia, tetap dibahagiakan...tak kecanduan HP dan sehat.

(GeSa)







Posting Komentar

0 Komentar