APENSO INDONESIA

header ads

SURYA DARMA MELUKIS LINGKUNGAN SEKITAR

SURYA DARMA MELUKIS LINGKUNGAN SEKITAR
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalisme Apenso Indonesia


(Perupa - Lalu Surya Darma)

  Sosok perupa Lalu Surya Darma yang kini berusia sekitar 58 tahun tidak hanya produktif melainkan juga konsisten terhadap bidikan obyek lingkungan.

  "Saya mencoba keluar dari obyek lingkungan sekitar," kilah Lalu Surya Darma yang akrab disapa Pak Surya sembari memperlihatkan lukisan serombongan burung yang sedang terbang.

  "Ya masih beberapa persen belum masuk tahap Finishing," tambahnya singkat.

  Pak Surya mulai berdomisili di Sidoarjo mulai tahun 2004 dan bekerja di Industri Meubel ekspor Italia. Ia mulai berkecimpung di dunia seni rupa di kota banyak bergaul dengan perupa Sidoarjo Bambang Tello almarhum.

  Dengan perupa yang dikenal serba bisa itu Surya Darma tidak hanya mengamati ketika dia berproses karya melainkan juga ikut berkelana mencari obyek lukisan di daerah yang memiliki pemandangan menarik.

  "Saya pernah diajak ke Prigen, Trawas selain mencari obyek lingkungan alam juga bersilahturrami dengan pelukis setempat," kenang Surya Darma yang menyukai obyek lingkungan alam.

  "Selain lingkungan alam saya juga senang melukis pasar dan kehidupan di alam pedesaan," tambahnya penuh semangat.

  Berbicara kegiatan pameran ungkapnya, sering mengikuti pameran bersama di dalam dan di luar kota Sidoarjo.

  "Untuk pameran tunggal saya masih berpikir panjang dan saya bersyukur bisa berpameran berdua dengan pelukis Ali Topan di salah satu hotel berbintang di Sidoarjo," tuturnya sambil menambahkan dirinya berkeinginan pameran tunggal di kawasan Candi Tawangalun Sidoarjo.

  "Ya sementara karena kondisi Covid yang saya tangguhkan dulu, sambil menambah karya," pungkasnya sambil menunjukan karyanya.

Posting Komentar

0 Komentar