APENSO INDONESIA

header ads

Terus Semangat Dan Raih Prestasi

“Terus Semangat Dan Raih Prestasi“


Oleh: H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

   Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. PADA Manusia biasanya menyebabkan penyakit Infeksi Saluran pernapasan, flu Mulai biasa Hingga penyakit Yang serius seperti Timur Tengah Respiratory Syndrome (mer) Dan Sindrom Pernafasan Akut Berat / Severe Acute Respiratory Syndrom e (SARS).

   Coronavirus jenis baru yang ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan terkait penyakit Coronavirus Disease -2019 (COVID-19 muncul oleh SARS- COV2 termasuk dalam keluarga besar coronavirusyang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virusnya. Gejalanya mirip dengan SARS, namun angka kematian SARS (9,6%) lebih tinggi daripada COVID-19 (kurang dari 5%), Meskipun jumlah kasus COVID-19 jauh lebih banyak daripada SARS. COVID-19 juga memiliki penyebaran yang lebih luas dan cepat ke beberapa negara dibandingkan SARS.)

   Peserta Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), juga dikenal sebagai Masa Orientasi Siswa (MOS) atau Masa Orientasi, Peserta Didik Baru (MOPD), merupakan sebuah kegiatan yang umum dilaksanakan di sekolah setiap tahun. Masa orientasi lazim dijumpai di tingkat SMP dan SMA. Hampir seluruh sekolah negeri juga menggunakan cara itu untuk mengenalkan almamater pada peserta didik baru. Pada perguruan tinggi, kegiatan yang dikenal dengan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (disingkat Ospek).

   MPLS dijadikan ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin, dan mempererat tali persaudaraan. MPLS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lain di sekolah itu. Tak terkecuali memperkenalkan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di Lingkungan sekolah.

   Pada umumnya sekolah, biasanya MPLS sepenuhnya dilaksanakan oleh kelompok siswa yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dengan guru sebagai pihak pengawas, asisten dan pemantau kegiatan selama MPLS berlangsung. Di sekolah tertentu, dibahas MPLS hanya dilaksanakan oleh pihak guru dan kepala sekolah saja, baik dengan atau tanpa bantuan kelompok OSIS.

   Sistem online atau virtual tanpa tatap muka langsung. Sistem ini juga dikenal dengan sistem pembelajaran berani. Jika dilihat dari KBBI Kemendikbud, berani adalah akronim dalam jaringan, terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. Dilansir dari berbagai sumber, guru, dosen, siswa, dan siswa kini melakukan kegiatan belajar-mengajar dengan berani, termasuk saat menjalankan tugas.

   Pelaksanaan Masa Pengenalan Siswa Baru (MPLS) untuk Tahun Pelajaran 2020-2021 sangat berbeda dengan tahun - tahun yang lalu di Tahun 2020-2021 ada PANDEMI COVID - 19, sehingga pelaksanaan Implementasi MPL dilakukan secara DARING (Dalam Jaringan) seperti yang dilakukan SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang berada di Jalan Bulak Rukem III No. 7 - 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, pada hari Senin 13/7/2020 hingga hari Rabu 15/7/2020 melaksanakan Kegiatan MPLS Tahun 2020-2021. Di samping ada paparan Materi juga ada Evaluasi untuk mengetahui banyak Materi yang disampaikan oleh Instruktur. 



(Kegiatan MPLS - Evaluasi Kesadaran Berbangsa dan Bernegara)

   Program Materi Seni yaitu Sekolah dan Kegiatan Extra, dimana Evaluasinya melalui Link https://bit.ly/2ZkOMMj, Kesadaran Berbangsa Dan Bernegara, dimana Evaluasi tautannya nelalui https://bit.ly/308EHl8. Hari Selasa 14/7/2020 Materi MPLS adalah Tata Krama Siswa dimana Link Evaluasi https://bit.ly/2OjJbzQ, Pendidikan Karakter dimana Link Evaluasi adalah https://bit.ly/329Fq8d, serta Wawasan Wiyata Mandala Dan Tata Tertib, dimana Evaluasinya melalui Link https://bit.ly/3fkcmhS, sedangkan hari Rabu 15/7/2020 yaitu materi Pemahaman Tentang COVID -19 Dan Pola Hidup Bersih Dan Sehat, Evaluasinya melalui Link https://bit.ly/3frOAAN, serta Materi tentang Motivasi Belajar dimana Link Evaluasinya adalah https://bit.ly/32bANdS, serta Terakhir yaitu materi tentang Pembinaan Mental. 

   Dalam Pelaksanaan Berani dengan jumlah Siswa yang sangat minim, Alhamdulilah Pelaksanaan MPLS tetap terlaksana dimana Materi - Materi ini dibuat oleh Guru - Guru SMP PGRI 6 Surabaya serta seluruh Siswa/Siswi selama MPLS 2020 menggunakan Seragam Sekolah. Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 menerima Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya. Ayo kita tunjukkan jumlah Siswa sedikit bisa terus berprestasi dan dibuat dengan menghiasi PIALA - PIALA bagi Sekolah. Alhamdulilah  hingga MPLS Berani hasil Penilaian mereka sangat bagus - bagus, semoga dapat terus berlanjut sampai saat KBM nanti. 

#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar