APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Guru – Guru Berpikir Komputasi Untuk Bersinergi Maju Bersama

“Ajak Guru – Guru Berpikir Komputasi Untuk Bersinergi Maju Bersama“



Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Berpikir kritis dapat muncul kapan pun dalam proses penilaian, keputusan, atau penyelesaian masalah secara umum. Kapan pun seseorang berusaha untuk mengetahui apa yang perlu dipercaya, apa yang perlu diketahui alasannya. Proses pengolahannya melalui usaha dan reflektif seperti membaca, menulis, berbicara dan mendengar. Semua dapat dilakukan secara kritis.

   Berpikir kritis sangat penting agar dapat menggunakan potensi pikiran secara optimal sehingga menjadi pembaca yang cermat dan penulis kreatif. Tuntutan yang lebih inovatif dalam proses pembelajaran dan harapan agar pengembangan berpikir tajam dalam kaitannya dengan ini dilakukan oleh Pitalokasari (2012) yang menyoroti proses pembelajaran kaitannya dengan kualitas lulusan perguruan tinggi.

   Menurutnya, jika dosen masih menggunakan metode mengajar konvensional, kurikulum sebagus apa pun tidak bisa membentuk lulusan yang berkualitas. Untuk meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa, guru harus menggunakan metode pembelajaran yang metode pembelajarannya lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, hal ini dapat membantu meningkatkan kemampuan berfikir siswa melalui analisis.

   Seperti metode cooperative learning tipe jigsaw, Group Investigasion, dan lain- lain. Ini diharapkan bisa menghadirkan nuansa baru yang lebih menarik dan berkesan, sehingga pembelajaran bisa dirasakan lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

   Pembelajaran langsung dirancang secara khusus untuk mengembangkan belajar siswa tentang pengetahuan prosedural deklaratif yaitu pengetahuan tentang sesuatu yang diajarkan selangkah demi selangkah.

   Dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis Siswa oleh Guru mulai hari Rabu, 5/8/2020 MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bekerja sama dengan Departemen ITS mengadakan Workshop tentang Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking). Dalam kesempatan tersebut yang menjadi Host pada Acara Workhsop adalah, Bapak Muhammad Luthfi Shahab, S.Si, M.Si. Dalam kesempatan tersebut yang menjadi Ketua Panitia Kegiatan Workshop Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking) adalah Dr. Darmaji, S.Si, MT.

   Selanjutnya, sambutan dari Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang sekaligus Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd dalam sambutannya Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd menyampaikan Ucapan Terima kasih kepada Ibu MAMIK SUPARMI, S.Pd , M.Pd yang berkenan hadir dalam acara tersebut. Ucapan Terima kasih kepada Departemen Matematika ITS yang sudah bekerja sama dengan MKKS SMP Swasta Surabaya Utara dalam meningkatkan Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran Berpikir Komputasional (Computational Thinking), yang terakhir Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwasannya Guru–Guru SMP Swasta Utara harus mampu membuat produk yaitu debuah Modul Pembelajaran tentang Berpikir Komputasional.

   Selanjutnya, sambutan dari Kepala Departemen Matematika ITS Bapak Subchan, Ph.D. Dalam sambutannya Bapak Subchan, Ph.d menyampaikan Terima kasih kepada Teman–Teman MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang sudah bekerja sama dengan Departemen Matrmatika ITS tersebut. Di samping itu, Bapak Subchan, Ph.d meminta agar Bapak/Ibu Guru yang mengikuti kegiatan tersebut dapat aktif serta dapat mengikuti dengan baik sehingga dapat menghasilkan produk bagi Sekolah Swasta khususnya di Wilayah Utara.

   Dimana kegiatan Workshop ini diadakan tanggal 5 Agustus, 8 Agustus, 12 Agustus, 15 Agustus. Kesempatan yang memberikan Materi hari ini adalah Drs. Bandung Arry S., MI. Komp., serta Drs. Nurul Hidayat, M.Kom. Alhamdulilah di akhir acara para Guru–Guru Peserta Workshop tersebut mengisi link absensi https://forms.gle/2yPiAFoNqpJH5fXu6 dimana link absensi tersebut akan digunakan untuk mengisi pulsa bagi Peserta yang ikut acara tersebut. Menurut Ibu CICIK MURSYIDAH, S.Pd beliau Alhamdulilah senang bisa mendapatkan pulsa tersebut. Semoga bermanfaat dan berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar