APENSO INDONESIA

header ads

Bila Kita Ingin Bahagia, Bahagiakan Orang Lain Di Masa Pandemi Melalui QURBAN

“Bila Kita Ingin Bahagia, Bahagiakan Orang Lain Di Masa Pandemi Melalui QURBAN”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

   Empati, sebuah sifat yang semestinya kita punya. Kita adalah manusia, adakalanya berada di atas dan kemudian jatuh ke bawah. Kita selalu diingatkan untuk merendahkan diri saat berada di atas dan bersemangat ketika berada di bawah. Namun yang mengingatkan kadang tidak pernah menjelaskan bagaimana sikap merendahkan diri tersebut. Karena nyatanya, kasus yang dihadapi oleh orang itu berbeda-beda. Keadaan yang yang dibayangkan oleh pemberi nasehat kadang berbeda dengan yang dihadapi oleh yang menerima nasehat.

   Bagaimana jika sudah demikian? Maka berempatilah. Bersikaplah kepada orang lain sebagaimana kita ingin disikapi. Contohnya, kita ingin sekali disapa oleh seseorang yang kita kagumi. Maka kita juga harus rajin menyapa dan memperlakukan sesorang dengan spesial. Mungkin saja dia ingin disikapi seperti itu juga. Maka sikap kita tepat sasaran, jikapun tidak demikian, sikap kita masih tergolong wajar, menyebarkan kebahagian.

   Kita pasti punya idola masing-masing. Bagaimana perasaan kita jika orang yang diidolakan bersikap sangat spesial kepada kita? Sangat bahagia bukan? Oleh karena itu, kita harus juga terbiasa dengan sikap demikian. Sederhana saja, misalnya jika kita ingin mengundang orang-orang ke acara kita. Hubungi mereka satu per satu secara khusus, habiskan  1-2 jam untuk melakukan hal tersebut, jangan broadcast. Mereka akan merasa spesial.

   Nabi Muhammad selalu melakukan hal demikian. Beliau dengan ikhlasnya melemparkan senyuman kepada setiap orang yang beliau jumpai. Pantas saja ketika beliau wafat, tidak ada seorangpun yang tidak mengeluarkan air mata dan tertunduk lesu. Bahkan, seorang pengemis buta Yahudi pun jatuh pingsan saat mengetahui bahwa yang selalu bersedia menyuapinya roti setiap sore di pasar Madinah adalah Nabi Muhammad. Dia tidak menyangka bahwa orang seperti Rasulullah akan bersikap demikian kepada seorang pengemis sepertinya.

   Paksakan wajah kita untuk memberi senyuman kepada orang lain. Memang hal itu terlihat kecil dan sepele, tetapi sangan berarti bahkan untuk bangkit dari keterpurukan bagi orang lain. Sebagaimana yang saya ceritakan dulu pada postingan yang membahas kebahagiaan. Padahal bahagia itu kita yang menciptakannya, buka menunggu dari orang lain. Mulailah untuk memuliakan orang lain, siapa saja yang kamu temui. Karena itu akan memberikan energi positif untuk kamu sendiri. Jangan pernah menutup diri terhadap hal-hal yang baru.

   SMP PGRI 6 Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. Pada hari Minggu, 2/8/2020 sebanyak 15 Guru SMP PGRI 6 Surabaya melaksanakan kegiatan Penyembelihan Hewan Ternak Qurban Bantuan dari Masjid Baitul Hakam. Acara Penyembelihan Hewan Ternak Qurban di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya dilaksanakan pukul 07.00.

   Sebelum Pemotongan Hewan Ternak Qurban seluruh Dewan Guru melaksanakan Sarapan Pagi terlebih dahulu. Setelah Sarapan Pagi, Kak SYAHRUL Alumni Jurusan Matematika UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA Surabaya kelahiran November sekaligus Pelatih Pramuka sangat semangat membantu Penyembelihan, dimana untuk Konsumsi Makan Siang bagi Guru–Guru serta dibagikan ke Warga Masyarakat dimasakkan oleh Buk Mis dan NUR AZIZAH yaitu Masak Gule dan Krengsengan. Daging Qurban tersebut di samping dibagikan kepada Warga Sekolah juga dibagikan kepada sebagian Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya.

   Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwasannya tujuan dari Pagi hari ini adalah kegiatan Qurban serta kita ingin Bahagia.

Sudahkah Kita Membahagiakan Orang Lain ?

   Dengan memberi sedikit Qurban kepada Masyarakat dan Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya berarti ikut membahagiakan mereka walaupun hanya sedikit serta membagikan kepada Warga sekitar Sekolah sebanyak 75 Orang. Alhamdulilah Sumbangan dari Baitul Hakam bisa dimanfaatkan bagi Warga di sekitar Sekolah dan Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya.

   Dalam kesempatan tersebut Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd menyampaikan Terima kasih dengan penyampaian sebagai berikut :
Assalammualaikum Wr. Wb
Alhamdulilah pelaksanaan Penyembelihan Hewan Ternak Qurban SMP PGRI 6 Surabaya Tahun 1441 H/2020 M hari Minggu berjalan lancar sukses tanpa halangan. Atas Nama Pengurus YAYASAN AL-IKHLAS Semampir dan Kepala SMP PGRI 6 Surabaya menghaturkan banyak Terimabkasih kepada :
1. PANITIA IDUL ADHA 1441 H / 2020 Masjid BAITUL HAKAM yang sudah memberikan Sumbangan Uang sebanyak Rp2.500.000 untuk Pembelian Hewan Ternak Qurban di SMP PGRI 6 Surabaya.
2. Ibu CICIK MURSIDAH, S.Pd Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum SMP MUJAHIDIN Surabaya yang sudah membantu SMP PGRI 6 Surabaya kepada PANITIA IDUL ADHA 1441 H / 2020 Masjid BAITUL HAKAM.
3. Bapak SYAHRUL, S.Pd selaku Kepala SMP Kemala BHAYANGKARI 6 dan Pelatih Pramuka SMP PGRI 6 Surabaya yang sudah meluangkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk suksesnya acara Qurban di SMP PGRI 6 Surabaya.
4. Bapak AZIS PANIGORO, S.Si yang sudah meluangkan waktu untuk membantu pelaksanaan Qurban di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya.
5. TIM Jagal dari KALILOM yang sangat membantu dalam Penyembelihan Hewan TERNAK QURBAN sampai BERSIH.
6. Ibu NUR AZIZAH dan Ibu MIS yang sudah meluangkan waktu, tenaga untuk memasak konsumsi bagi Guru–Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya
7. Bapak/Ibu Dewan Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya yang sudah meluangkan waktu, tenaga, pikiran untuk hadir pada hari Minggu, 2 Agustus 2020  di acara Penyembelihan Hewan Ternak Qurban di SMP PGRI 6 Surabaya.

Semoga Allah yang membalas kebaikan Bapak/Ibu semua serta semoga lelah Bapak/Ibu menjadi ladang amal Bapak/Ibu di Surga serta semoga tahun depan SMP PGRI 6 Surabaya dapat melaksanakan Qurban kembali serta semoga SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Tahun Pelajaran 2021/2022 mendapatkan Peserta Didik yang banyak berkah barokah selamanya serta semoga Bapak/Ibu Dewan Guru semua sehat berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar