APENSO INDONESIA

header ads

Cari Ilmu Dan Cari Berkah Di Masa Pandemi COVID – 19


“Golek Ilmu Lan Golek Berkah Di Masa Pandemi COVID – 19“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Pola asuh atau parenting style adalah salah satu faktor yang signifikan turut membentuk karakter anak. Hal ini didasari bahwa pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan utama dan pertama bagi anak, yang tidak bisa digantikan oleh lembaga manapun. 

   Pola asuh ini dapat didefinisikan sebagai pola interaksi antara anak dengan orang tua, yang meliputi kebutuhan fisik (seperti makan, minum, dan lain-lain) dan kebutuhan non-fisik seperti perhatian, empati, kasih sayang, dan sebagainya.

   Anak-anak yang diasuh menurut ego orang tua, dan dipaksa mengikuti beragam kegiatan, seperti kegiatan mental aritmatik, sempoa, renang, basket, balet, dan banyak lagi lainnya, tumbuh menjadi anak yang super kids. Mereka memang memiliki kelebihan keterampilan (skill dan competent) yang mumpuni dibandingkan anak-anak normal. 

   Tetapi, menurut Neil Postman (1980) seorang sosiolog Amerika, anak-anak model super kids lantaran mereka tercabut dari masa kanak-kanaknya, dan ketika dewasa akan menjadi orang dewasa tetapi masih kekanak-kanakan. Jadi pola asuh orang tua sangat menentukan sikap dan sifat anaknya ke depan. Untuk itu kami berusaha untuk memberikan pelatihan kepada orang tua yang ada untuk menjadi  orang tua yang berguna.

   Pada hari Sabtu 15/8/2020 Penulis mengikuti kegiatan Webinar Career Centre mengenai Creative Parenting di Era New Normal bersama Psikolog Ibu Tatik Imadatus, IAIN Kediri (Bendahara II Asosiasi Psikologi Islam Jawa Timur) serta Dosen IAIN Kediri. Adapun kegiatan tersebut diadakan pukul 20.00 WIB melalui https://meet.google.com/htc-nyfa-gew Dial-in: (US) +1 507-403-0089 PIN: 807 466 506#.

   Dalam kesempatan tersebut, Penulis merasa bahagia dapat mengikuti kegiatan Webinar Career Centre mengenai Creative Parenting di Era New Normal. Dimana materi yang disampaikan sangat luar biasa, apalagi dalam menghadapi masa New Normal ini peran Orang tua sangat lebih diperlukan dalam menyiapkan Putra/Putri mereka kembali ke Sekolah. Dalam kesempatan tersebut Pihak Panitia memberikan link : https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSc0CHV01tDsCYDxYwg4RF9t9KMUuPMaFRh_rXAIp-s24epJZA/closedform untuk formulir absensi  WEBINAR CREATIVE PARENTING DI ERA NEW NORMAL yang diadakan pada hari Sabtu, 15/8/2020 pukul 20.00 wib.

   Tidak sengaja pada hari Minggu, 16/8/2020 Penulis menerima email dari ccpsikologi@gmail.com pukul 12.59  wib bahwasannya Penulis mendapatkan E-Sertifikat karena telah mengikuti WEBINAR CREATIVE PARENTING DI ERA NEW NORMAL. Terima kasih banyak ilmu-nya, e-sertifikatnya. Walaupun malam mingguan di rumah bisa dipakai untuk belajar di masa Pandemi COVID – 19 ini.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar