APENSO INDONESIA

header ads

Kangen Kreativitas Kalian Dalam Bermain Alat Musik

“Kangen Kreativitas Kalian Dalam Bermain Alat Musik“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Kreativitas merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia, yaitu kebutuhan akan perwujudan diri atau aktualisasi diri dan merupakan kebutuhan paling tinggi bagi manusia. Pada dasarnya, setiap orang dilahirkan di dunia dengan memiliki potensi kreatif. Kreativitas dapat diidentifikasi dan dipupuk melalui pendidikan yang tepat. 

   Menurut Kamus Umum Bahasa Indonesia kreativitas adalah kemampuan untuk berkreasi, kemampuan untuk menciptakan sesuatu. Kreativitas juga dapat diartikan sebagai suatu pola pikir atau ide yang timbul secara spontan dan imajinatif, yang merincikan hasil artistik penemuan dan penciptaan baru. Kreativitas juga merupakan daya atau kemampuan manusia untuk menciptakan sesuatu. 

   Kemampuan ini dapat terkait dengan bidang seni maupun ilmu pengetahuan. Dalam bidang seni, intuisi, dan inspirasi sangat berperan besar dan menurut spontanitas lebih tinggi. Di bidang ilmu pengetahuan, kemampuan pengamatan dan perbandingan, menganalisa dan menyimpulkan lebih menentukan. Kedua-duanya menuntut pemutusan perhatian, kemampuan, kerja kertas dan ketekunan, kedua-duanya bertolak dari intelektualisme dan emosi, serta merupakan cara pengenalan realitas alam dan kehidupan yang sama.

   Kreativitas adalah ungkapan (ekspresi) dari keunikan individu dalam interaksi dengan lingkungannya. Ungkapan kreatif ialah yang mencerminkan orisinalisasi dari individu tersebut. Dari ungkapan pribadi yang unik inilah dapat diharapkan timbulnya ide-ide baru dan produk-produk inovatif. Oleh karena itu, pendidik hendaknya dapat menghargai keunikan pribadi dan bakat-bakat siswanya (jangan mengharapkan semua.

   Tak terasa sudah hampir 7 ( Tujuh ) bulan kraetivitas siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, seluruh siswa/siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS Surabaya sebelum adanya Pandemi COVID – 19 hari Jum’at adalah hari latihan Drumband untuk mengasah kreativitas yang dimiliki oleh Peserta didik.

   Tetapi karena adanya Pandemi COVID – 19 yang sudah hampir 7 bulan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya tidak latihan kegiatan apapun. Padahal bulan Agustus ini biasanya persiapan untuk Kejurprov Jatim Drumband untuk bulan Oktober Hari Sumpah Pemuda. Dimana tahun lalu menyabet 17 terbaik Se-Jawa Timur Drumband. Tapi itu semua hanya kenangan.

   Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap agar Pandemi COVID – 19 ini segera berakhir, sehingga anak-anak didik baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS dapat berkreasi dengan kegiatan yang telah dimiliki Sekolah seperti Pramuka, Drumband, dan lain sebagainya. Sehingga dari kreativitas tersebut dapat mengharumkan nama Sekolah tercinta.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar