APENSO INDONESIA

header ads

MEGATRUH - RONGGOWARSITO

 Megatruh - Ronggowarsito


Oleh: apensoindonesia.com


“Hawya pegat ngudiya ronging budyayu, Margane suka basuki, Dimen luwar kang kinayun, Kalis ing panggawe sisip, Ingkang taberi prihatos.“

Artinya

Janganlah berhenti, selalu berusaha berbuat kebajikan, agar mendapat kegembiraan, keselamatan serta tercapai segala cita-cita, terhindar dari perbuatan yang bukan-bukan, caranya haruslah gemar prihatin.


Maknanya :

   Ketika seseorang sudah menyadari akan keterbatasan usia di dunia, hendaklah ia selalu berdaya upaya dalam berbuat kebajikan pada sesama. Kebajikan yang ditebarkan, tidaklah secara spesifik tertuju pada satu person atau satu golongan tertentu, tapi kebajikan yang ditebarkan secara menyeluruh; menjadi rahmat sekalian alam.

   Dengan menebarkan kebajikan, ia akan mendapatkan kegembiraan. Ketulusan dari laku kebajikan akan membuahkan sebuah rasa senang dari si pemberi dan si penerima. Perasaan tersebut sedemikian kuatnya hingga tak kan ternilai dengan hal-hal yang sifatnya material. Ia tak terlukiskan dengan kata-kata atau apa pun. Kegembiraan hakiki.

   Perbuatan baik dapat membawa kita pada keselamatan. Dalam falsafah Jawa kita mengenal pepatah “sapa nandhur bakal ngunduh”, siapa yang menanam akan menuai. Ketika kita menanam kebaikan, maka yang kita tuai adalah kebaikan juga. Dan dalam kebaikan yang kita tanam itu akan memberi efek baik pula pada lingkungan sekitarnya. Hal itu dapat menghindarkan kita dari keinginan untuk berbuat buruk serta dapat memproteksi kita dari keburukan yang akan menimpa kita.

Ketika kebaikan sudah berbuah kebaikan dan dapat menepis keburukan yang ada, ia akan memuluskan jalan kita pada tujuan yang kita harapkan. Ia akan memotivasi kita agar tetap pada jalan yang akan membawa kita pada tujuan. Untuk lebih memudahkan pencapaian tujuan tersebut, hendaklah kita selalu dalam laku prihatin, artinya selalu memproteksi diri pada hal-hal selain yang mengarah pada tujuan, yaitu selalu berada pada jalan keilahian. Laku prihatin dapat juga diartikan sebagai suluk.


----🌸🌸🌸----


Posting Komentar

0 Komentar