APENSO INDONESIA

header ads

Peringatan Hari Pramuka Tahun 2020 Di Masa Pandemi COVID–19

“Peringatan Hari Pramuka Tahun 2020 Di Masa Pandemi COVID–19“


Oleh : H. Banu Atmoko

Apenso Indonesia


   Tema Hari Pramuka yang diperingati pada tanggal 14 Agustus 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana COVID-19 dan Bela Negara. Tema tersebut sejalan dengan upaya yang ditunjukkan Kwartir Nasional (Kwarnas) melalui pembentukan Satuan Tugas Penanggulangan COVID-19 dan upaya untuk menggerakkan Pramuka Peduli di seluruh kwartir guna membantu pemerintah daerah mengendalikan wabah, serta membantu warga yang terdampak.

   Anggota pramuka siaga, penggalang, penegak, pandega, dan anggota dewasa Gerakan Pramuka dalam melakukan setiap kegiatan sosial juga telah menerapkan protokol kesehatan yang dibutuhkan untuk mencegah penularan COVID-19. Tema Hari Pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 merupakan perwujudan semangat untuk membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut. 

   Kegiatan penanggulangan wabah penyakit tersebut merupakan bukti eksistensi bahwa Gerakan Pramuka menjadi bagian penting dalam upaya bela bangsa dan negara kita tercinta. Di era pandemi COVID-19 yang menyebabkan krisis kesehatan dan krisis ekonomi ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita harus peduli terhadap masyarakat sekitar, peduli terhadap kepentingan bersama, kita harus saling membantu dan bergotong royong menyelesaikan masalah bersama.

   Dalam rangka memperingati Hari Pramuka uang ke–59 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir, pada hari Jum’at 14/8/2020 seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS memperingati Hari Pramuka, tetapi Peringatan Hari Pramuka kali ini dilakukan dengan kegiatan bersih – bersih lingkungan sekolah, serta memasang bendera merah putih. 

   Dimana seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya ada yang menyapu halaman sekolah, lapangan. Selesai di sapu semua sampah–sampah di masukan ke dalam karung. Ada yang membersihkan selokan, ada yang membersihkan kamar mandi ( ngosek kamar mandi ), ada yang membersihkan kelas di sapu, di sulak, dan di pel. 

   Tidak hanya siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya saja yang bekerja tetapi bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga memberi contoh kepada siswa/siswi dan Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya untuk melakukan kegiatan tersebut. 

   Menurut bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa kegiatan ini adalah untuk memperingati HUT Pramuka serta mengamalkan Dasa Darma Pramuka yang ke-2 yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Dengan Pramuka akan melahirkan Cinta Kebersamaan, Kedisiplinan, Kemandirian serta Jiwa Patriotisme, dan membantu Pemerintah dalam Penanggulangan Bencana COVID–19 dan Bela Negara.

#TantanganGuruSiana

#dispendikSurabaya

#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar