APENSO INDONESIA

header ads

Si Miskin Yang Dermawan Di Masa Pandemi COVID-19

“Si Miskin Yang Dermawan Di Masa Pandemi COVID-19“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

   Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian.

   Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui.

   Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini.

   Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS).

   Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala.

   Dalam berbagi itu dilakukan di hari yang penuh berkah dan barokah. Selain mengeratkan hati, juga banyak keutamaan. Berbagi dapat mengobati hati dari cinta duniawi. Sebab, terlalu larut dalam kecintaan duniawi dapat memalingkan jiwa dari kecintaan kepada Ilahi dan takut akan akhirat.

   Berbagi juga dapat mengembangkan kekayaan batin. Seseorang yang senang berbagi akan menumbuhkan semangat optimistis dan menambah kekayaan jiwa. Dengan berbagi, berarti seseorang telah mampu menekan sifat egoisme dalam diri. Berbagi dapat menarik simpati masyarakat. Berbagi dapat mengikat hati antara orang kaya dan masyarakatnya, dengan ikatan yang kuat, penuh kecintaan, persaudaraan, dan saling menolong.

   Apabila manusia mengetahui ada orang yang memberikan kebaikan, secara naluriah mereka akan senang dan jiwa mereka pasti akan tertarik kepadanya.

   Dalam hal ini, Nabi SAW bersabda, "Secara otomatis hati akan tertarik untuk mencintai orang yang berbuat baik kepadanya dan membenci orang yang berbuat jahat kepadanya." (HR Ibnu Adi).

   Semoga Allah membimbing kita, kaum Muslimin agar menjadi insan yang senang berbagi kepada sesama dan mengantarkan kepada tautan hati menjadi suci.

   Beberapa hari Kepala SMP PGRI 6 Surabaya dan Sekretaris Yayasan Pendidikan AL-IKHLAS Semampir Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir galau karena sampai Malam Takbir belum ada kabar dari Donatur untuk memberikan Sumbangan Ternak Qurban.

   Alhamdulilah pada hari Jum’at, 31/7/2020 Kak SYAHRUL, S.Pd selaku Pelatih Pramuka Alumni Jurusan Matematika UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA Surabaya mengantarkan Sumbangan Daging Qurban dari MASJID AR RAHMAH Surabaya Ke SMP PGRI 6 Surabaya.

   Alhamdulilah Sumbangan tersebut oleh Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Alumni Jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd langsung dibagikan kepada warga masyarakat di sekitar Sekolah, serta di lanjutkan Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd membagi ke Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya mulai dari Ibu SRI SUPADMI, S.Pd di Kedinding Lor ANGGREK, lanjut antar ke Ibu Dra. TIWIK SUKIRAHAYU, lanjut ke Ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd ( JL. BULAK RUKEM VII B No. 12 Surabaya ) lanjut ke rumah Ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd ( JL. NAGA PASA NO. 16 Surabaya ) lanjut ke rumah Ibu SUGIARTI, S.Pd dan di rumah Nenek IBU FIRDA ERDYATI, S.Pd dan yang terakhir di rumah Ibu MEI RATNA SUSANTI, S.Si. Alhamdulilah Amanah dari Masjid AR RAHMAH sudah selesai dijalankan.

   Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bahwasannya inilah yang  dinamakan SI MISKIN YANG DERMAWAN, dari minta Sumbangan ke Masjid AR RAHMAH langsung di DISTRIBUSIKAN ke GURU dan Masyarakat. Karena dengan seperti ini Guru–Guru dan Masyarakat di sekitar Sekolah bisa merasakan makan daging. Apalagi di Masa PANDEMI COVID–19 seperti ini bagi warga masyarakat sangat berharga pemberian Qurban tersebut.

   Dalam kesempatan ini Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd mengucapkan banyak terima kasih kepada Ibu CICIK dan MASJID AR RAHMAH yang sudah membantu memberikan DAGING QURBAN untuk Guru dan Masyarakat di sekitar Sekolah dan Makasih banyak untuk Bapak SYAHRUL, S.Pd yang sudah membantu membawakan daging Qurban ke Sekolah saya. Semoga sehat selalu, berkah barokah selamanya. Inilah Nikmatnya Berbagi.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat

Posting Komentar

0 Komentar