APENSO INDONESIA

header ads

Terima kasih Departemen Matematika ITS Untuk Selangkah Lebih Maju Bersama MKKS SMP Swasta Utara

“Terima kasih Departemen Matematika ITS Untuk Selangkah Lebih Maju Bersama MKKS SMP Swasta Utara“ 


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia

                                                                             
   Plakat atau kadang disebut juga vandel merupakan aneka benda fisik yang diberikan sebagai kenangan untuk momen tertentu atau penghargaan kepada orang lain atas prestasi yang mereka capai. Karena fungsinya sebagai penghargaan atau kenang-kenangan maka plakat atau vandel selalu identik dengan estetika desain maupun bentuknya. Bahanya pun dipilih dari bahan yang dapat menghasilkan karya seni yang baik sehingga pantas dan membanggakan bagi para penerimanya nanti. 

   Umumnya, plakat dapat dibuat menggunakan bahan seperti akrilik, kayu, marmer, fiber glass, dan kaca. Diperhatikan juga saat proses design-nya, agar tercipta hasil design yang sesuai antara plakat dan acaranya. 

   Beberapa daerah di Negara kita berbeda dalam penyebutan benda ini. Ada yang lebih familiar dengan sebutan plakat ada pula yang lebih mengenalnya sebagai vandel. Tanpa bermaksud menyalahkan salah satu pihak, mari kita ulas kata apa yang lebih tepat untuk menyebutnya. Plakat atau Vandel. Plakat Wisuda atau Vandel Wisuda? 

   Dikutip dari situs https://id.wikipedia.org Plakat adalah sebuah catatan yang dipasang di tempat umum, seperti kartu kecil, rambu, atau plang. Plakat dapat dipadang atau digantung di sebuah kendaraan atau bangunan untuk memberikan informasi tentang operator kendaraan tersebut atau isi dari kendaraan atau bangunan tersebut. Plakat juga dapat merujuk kepada papan atau catatan yang dibawa oleh para pengunjuk rasa. 

   Sedangkan menurut situs yang sama Vandel adalah bendera kecil diberi umbai-umbai sekelilingnya bertuliskan nama sesuatu organisasi/kelompok/lembaga digantungkan pada tiang pancang kecil, biasanya diberi sebagai kenang-kenangan pada suatu peristiwa yang dianggap penting.

   Berdasarkan ulasan dari situs wikipedia kita dapat simpulkan bahwa kata Vandel ternyata lebih pas untuk mewakili nama sebuah benda yang kita berikan sebagai tanda kenang-kenangan atau penghargaan yang kami tuliskan di atas tadi. Sudah bisa dimengerti kan??. Persoalannya di daerah tertentu kurang familiar dengan dengan kata Vandel.

   Alhamdulilah tak terasa 3 tahun MKKS SMP Swasta Surabaya Utara mengudara di kota Surabaya, dimana di 3 tahun tersebut Alhamdulilah MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bisa bekerja sama dengan ITS Departemen Matematika yang diawali dengan kegiatan Pelatihan Geogebra bagi Guru Matematika.

   Pelatihan Jaringan di ITS dan yang baru-baru diadakan adalah Pelatihan Pembelajaran Berpikir Komputasional yang diadakan mulai tanggal 5, 8, 12, dan 15 Agustus 2020, dimana pada hari Selasa, 25/8/2020 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya dan Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara memberikan kenang-kenangan bagi Departemen Matematika ITS berupa Vandel.

   Dimana menurut Penulis alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa Vandel ini adalah ucapan terima kasih dari MKKS SMP Swasta Surabaya Utara atas dukungan dan motivasinya selama ini bagi MKKS SMP Swasta Surabaya Utara agar Pendidikan Swasta di wilayah Surabaya selangkah lebih maju.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar