APENSO INDONESIA

header ads

Tingkatkan Iman Dan Imun Selama Pandemi Covid-19

“Tingkatkan Iman Dan Imun Selama Pandemi Covid-19“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. 

   Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. 

   Infeksi virus corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. 

   Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia).

   Selain virus SARS-CoV-2 atau virus corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala. 

   Pengertian iman dalam Al-Qur'an yakni maksudnya membenarkan dengan penuh keyakinan bahwa Allah SWT memiliki kitab-kitab yang diturunkan kepada hamba-hamba-Nya yaitu Nabi dan Rasul pilihan-Nya dengan kebenaran yang nyata dan petunjuk yang jelas. Dan bahwa Al-Qur'an adalah merupakan kalam Allah SWT yang ia firmankan dengan sebenarnya. 

   Sedangkan, arti Iman dalam hadits maksudnya Iman yang merupakan pembenaran dalam batin. Nabi Muhammad SAW menyebutkan hal-hal lain sebagai iman, yakni seperti akhlak yang baik, bermurah hati, sabar, cinta Rasul, cinta sahabat, rasa malu, dan lain-lain. 

   Sistem imun merupakan sistem pertahanan atau kekebalan tubuh. Sistem imun berperan dalam mengenal, menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang merugikan tubuh. Sistem imun tidak memiliki tempat khusus dalam tubuh manusia dan tidak dikontrol oleh organ pusat, seperti otak. Sel-sel tertentu berperan sebagai pasukan pertahanan untuk memerangi benda asing yang masuk tubuh yang berpotensi menimbulkan gangguan pada tubuh.

   Imun tubuh yang kuat berperan penting untuk melawan infeksi virus. Ketika memasuki tubuh, virus corona akan menempel pada dinding sel-sel saluran pernapasan dan paru-paru, kemudian masuk ke dalamnya untuk mengembangkan infeksi. Proses tersebut tentunya akan terdeteksi oleh sistem imun. Selanjutnya, sistem imun akan beraksi dengan cara mengirim sel darah putih untuk membentuk antibodi yang akan melawan virus tersebut. 

   Reaksi perlawanan tubuh terhadap infeksi virus corona ini akan memunculkan beberapa gejala, seperti misalnya demam. Gejala tersebut biasanya akan muncul dalam 2-14 hari, setelah virus memasuki tubuh. Pada orang yang sistem imunnya kuat, virus corona yang menginfeksi tubuh akan berhasil kalah, sehingga gejalanya pun mereda dan orang itu akan sembuh dengan sendirinya.

   Namun, jika sistem imun seseorang tidak cukup kuat, atau justru bereaksi berlebihan, orang tersebut akan mengalami gejala yang lebih berat. Misalnya, demam tinggi, sesak napas, hingga kerusakan organ. Kondisi ini juga berisiko pada orang lanjut usia (lansia) dan yang mengidap penyakit penyerta sebelumnya, seperti diabetes, kanker, atau HIV. 

   Dari penjelasan tadi, dapat disimpulkan bahwa memiliki sistem imun yang kuat adalah hal yang sangat penting, sekaligus kunci dalam melawan virus corona. Untuk itu, kamu perlu menaruh perhatian lebih pada upaya peningkatan sistem imun, agar terhindar dari COVID-19 dan penyakit berbahaya lainnya. 

   Tak terasa Pandemi COVID – 19 ini sudah melanda negeri tercinta ini hampir 7. Dimana jumlah terpapar COVID – 19 per tanggal 21/8/2020 suspek sebanyak 78.877, konfirmasi 149.408, spesimen 19.929, sembuh 102.991, yang meninggal dunia 6.500 dari 34 Provinsi dan 485 Kabupaten/Kota. 

   Dalam kesempatan tersebut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwasannya Pandemi COVID – 19 ini bisa sembuh dengan Iman yang kuat. Dimana BANU ATMOKO, S.Pd mengajak Masyarakat Indonesia khususnya Surabaya mari kita sama-sama berdoa agar kita diberikan kesehatan oleh Allah SWT. Dijauhkan dari CORONA serta semoga Pandemi COVID – 19 ini segera hilang dari muka bumi ini khususnya kota Surabaya tercinta. 

   Di samping itu, BANU ATMOKO S.Pd juga mengajak Masyarakat untuk jaga Imun dengan berolahraga yang teratur, jaga pola makan, Istirahat yang cukup, dan yang terpenting adalah JANGAN SAMPAI BANYAK PIKIR DAN AKHIR NYA JADI STRESS.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar