APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Siswa Untuk Kreatif Inovatif Dan Berpikir Kritis Melalui Peneliti Belia

“Ajak Siswa Untuk Kreatif Inovatif Dan Berpikir Kritis Melalui Peneliti Belia”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Peneliti dalam pengertian luas dapat merujuk pada setiap orang yang melakukan aktivitas menggunakan sistem tertentu dalam memperoleh pengetahuan atau individu yang melakukan sejumlah praktik-praktik dimana secara tradisional dapat dikaitkan dengan kegiatan pendidikan, pemikiran, atau filosofis. Secara khusus, istilah peneliti dikaitkan pada individu-individu yang melakukan penelitian (meneliti) dengan menggunakan metode ilmiah. 

   Seorang peneliti, bisa jadi adalah seorang ahli pada satu bidang atau lebih dalam ilmu pengetahuan. Peneliti dalam lingkup pemerintah Indonesia merupakan Pejabat Fungsional Peneliti yang didefinisikan sebagai pegawai negeri sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan tugas teknis penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi pada organisasi penelitian, pengembangan, dan/atau pengkajian instansi pemerintah. 

   Pada hari Minggu, 27/9/2020 sebanyak 4 Peserta didik SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang terdiri dari Moch. Suib, Mas Ayu Dini Suciati, Abdul Aziz, dan Yuliana Latifah, siswa kelas 8 mengikuti kegiatan Pembekalan Materi Peneliti Belia yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya.

   Dalam kesempatan tersebut kegiatan tersebut dilaksanakan secara daring (On line), walaupun hari libur tapi ke empat peserta didik tersebut tetap semangat untuk mendapatkan ilmu tentang Penelitian. Dimana kegiatan mereka selalu di dampingi oleh bapak H. Banu Atmoko, S.Pd Kepala SMP PGRI 6 Surabaya yang juga alumni jurusan S1 PLS kelahiran April 1984.

   Bagi bapak H. Bany Atmoko, S.Pd bahwa kegiatan penilitian belia adalah kegiatan yang rutinitas dilakukan oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya. Setiap tahun selalu mengirimkan Tim untuk ikut berpartisipasi dalam ajang yang paling bergensi tersebut. Setiap tahun siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya selalu di latih oleh Ibu Mei Ratna Susanti, S.Si mendampingi Bidang Lingkungan sedangkan Ibu Mei Kurniatul Adawiyah, S.Pd mendampingi Bidang Matematika. 

   Dalam kesempatan tersebut seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 mengikuti kegiatan tersebut melalalui link Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/97392675290?pwd=NHE0WFZnZmIxWTJLVDJWdEpqaVRYUT09 Meeting ID: 973 9267 5290 Passcode: 678322.

   Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. Banu Atmoko, S.Pd beliau berharap anak didik SMP PGRI 6 Surabaya bisa lebih intens dalam melakukan penelitian - penelitian sehingga mereka semua bisa lebih kreatif dan ber-inovasi serta bapak H. Banu Atmoko, S.Pd memotivasi kepada seluruh siswa/siswi tersebut walaupun siswa kalian dedikit tetap harus berkualitas dan bermutu.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar