APENSO INDONESIA

header ads

Alhamdulillah SMP Swasta Surabaya Utara CSR Dengan INDOSAT

Alhamdulillah SMP Swasta Surabaya Utara CSR Dengan INDOSAT“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



   Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya), perusahaan adalah memiliki berbagai bentuk tanggung jawab terhadap seluruh pemangku kepentingannya, yang di antaranya adalah konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan yang mencakup aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan. 

   Oleh karena itu, CSR berhubungan erat dengan "pembangunan berkelanjutan", yakni suatu organisasi, terutama perusahaan, dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan dampaknya dalam aspek ekonomi, misalnya tingkat keuntungan atau deviden, tetapi juga harus menimbang dampak sosial dan lingkungan yang timbul dari keputusannya itu, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka yang lebih panjang. 

   Dengan pengertian tersebut, CSR dapat dikatakan sebagai kontribusi perusahaan terhadap tujuan pembangunan berkelanjutan dengan cara manajemen dampak (minimisasi dampak negatif dan maksimisasi dampak positif) terhadap seluruh pemangku kepentingannya. 

   Menurut Kotler dan Lee, terdapat enam model CSR yang dapat diterapkan di perusahaan, yaitu : Cause Promotion, Cause Related Marketing, Coporate Societal Marketing, Corporate Philanthropy, Community Volunteering, dan Socially Responsible Business Practice. 

   Indosat Ooredoo (lengkapnya PT Indosat Tbk., sebelumnya bernama Indosat) adalah salah satu perusahaan penyedia jasa telekomunikasi dan jaringan telekomunikasi di Indonesia. Perusahaan ini menawarkan saluran komunikasi untuk pengguna telepon genggam dengan pilihan prabayar maupun pascabayar dengan merek IM3 Ooredoo, jasa lainnya yang disediakan adalah saluran komunikasi via suara untuk telepon tetap (fixed) termasuk sambungan langsung internasional IDD (International Direct Dialing). 

   Indosat Ooredoo juga menyediakan layanan multimedia, internet, dan komunikasi data (MIDI= Multimedia, Internet & Data Communication Services). Pada tahun 2011, Indosat Ooredoo menguasai 21% pangsa pasar. Pada tahun 2013, Indosat Ooredoo memiliki 58,5 juta pelanggan untuk telfon genggam. Pada tahun 2015 Indosat Ooredoo mengalami kenaikan jumlah pelanggan sebesar 68,5 juta pelanggan dengan presentasi naik 24,7%, dibandingkan periode tahun 2014 sebesar 54,9 juta pengguna. 

   Pada bulan Februari 2013 perusahaan telekomunikasi Qatar yang sebelumnya bernama Qtel dan menguasai 65 persen saham Indosat berubah nama menjadi Ooredoo dan berencana mengganti seluruh perusahaan miliknya atau di bawah kendalinya yang berada di Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara dengan nama Ooredoo pada tahun 2013 atau 2014. Dua tahun kemudian, pada tanggal 19 November 2015 Indosat akhirnya mengubah identitas dan logonya dengan nama Indosat Ooredoo.

   Bersinergi Dan Maju Bersama. Itulah slogan yang selalu disampaikan di MKKS SMP Swasta Surabaya. Apalagi di masa Pandemi Covid – 19 Teman – Teman Kepala SMP Swasta Surabaya Utara selalu bergandengan tangan untuk menjadikan Sekolah yang terbaik, seperti pada hari Rabu, 16/9/2020 sebanyak 40 SMP Swasta Surabaya Utara nendengarkan arahan dari INDOSAT. Dimana pihak INDOSAT melakukan kerja sama CSR dengan 40 SMP Swasta Surabaya Utara. Dimana 40 SMP Swasta Surabaya Utara CSR-Nya dengan INDOSAT yaitu diberikan Kartu Perdana. Bila Sekolah ada event lomba atau apapun pihak INDOSAT siap menjadi Sponsorship kegiatan Sekolah tersebut sebagai CSR dari INDOSAT ke pihak SMP Swasta Surabaya Utara. 

   Dalam waktu dekat, pihak INDOSAT akan ada 2 event untuk Kemajuan Sekolah di wilayah Surabaya Utara yaitu pelatihan Google Meet dan pelatihan membuat Web untuk Sekolah. Menurut Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara sekaligus Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. Banu Atmoko, S.Pd pelatihan Google Meet untuk Merdeka Belajar Jarak Jauh, sedangkan Pelatihan Web adalah untuk ajang promosi dari semua program dan kegiatan yang dimiliki oleh Sekolah. Apalagi untuk mempersiapkan PPDB 2021/2022. 

   Di akhir acara ada penyerahan Kartu Perdana INDOSAT secara simbolis yang diserahkan kepada Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara bapak H. Banu Atmoko, S.Pd dan Koordinator Kecamatan Kenjeran bapak Drs. H. Mshfudz, M.Pd. Penyerahan simbolis tersebut sebagai tanda CSR bagi SMP Swasta Surabaya Utara, selanjutnya pihak INDOSAT akan mendatangi SMP Swasta Surabaya Utara untuk menyerahkan Paket Perdana di Sekolah serta melihat SMP Swasta Surabaya Utara. Jadi nanti bila ada event pihak INDOSAT tidak kebingungan mencari Sekolahnya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat






Posting Komentar

0 Komentar