APENSO INDONESIA

header ads

DIALOG PETRUK GARENG (DIGARUK) : GARENG DISOMASI

DIALOG PETRUK GARENG (DIGARUK) :


GARENG DISOMASI 
Oleh : Kris Mariyono
Director of Jurnalisme Apenso Indonesia



Petruk merasa gundah gulana mendengar Komunitas Pembela Negeri akan melibatkan Kang Gareng dalam persoalan Disharmonis Pempimpin Puncak Negeri Karangkedempel Merdeka(NKM).

Petruk : "Nonton Wayang bawa keciput, sayang kalau ikut-ikut. Biar Kang Gareng jadi Bapak Pengabdi negeri saja, aman biar kalau mau ke negeri sebrang tidak dicekal," gumam Petruk tanpa lawan bicara.

Petruk pandangannya menerawang ke awang-awang memikirkan kedudukan Kang Gareng selaku Koordinator Sesepuh Kedamaian Negeri (SKN).

Kang Gareng : "Hallo Truk masih pagi kelihatannya sudah letih, tidak sarapan ya," ujar Kang Gareng tiba-tiba menyapa Petruk tanpa basa-basi.

Petruk : "Ke Karanglo beli mentega, hallo juga. Bukan tidak sarapan, cuma makan bubur bukan makan nasi," ucap Petruk sambil memandang tajam Kang Gareng.

Petruk : "Kang, pesanku jauhi tindakan negatif dan perbuatan yang kurang bijak. Gelali ditaruh buku, ojok lali pesanku.." tambah Petruk bergaya diplomasi.

Kang Gareng : "Truk saya tidak paham, omonganmu sebenarnya jurusannya mana, tiba-tiba memakai pesan segala. Kok tidak biasanya Truk," jelas Kang Gareng ekoresinya penuh ketenangan.

Petruk : "Jurusannya ke Kota kedamaian dan kebahagian. Karena Kang Gareng sebagai sesepuh negeri terkemuka dan tertua, seharunya memiliki kepekaan yang tinggi mengenai gejolak yang terjadi di lapangan. Nanggap jaranan dipinggir jalan, tanggap persoalan di lapangan," beber Petruk tanpa ragu-ragu. 

Kang Gareng : "Terus terang Truk, saya pikir saya ini tidak ada masalah. Adem ayem. Sebetulnya ada apa ya.." tutur Kang Gareng dengan tenang.

Petruk : ""Sesepuh negeri akan disomasi Komunitas Pembela Negeri.." Sepatu Gawean Karanglho, itu lho.. bocoran WA untuk Kang Gareng," beber Petruk di hadapan Kang Gareng.

Kang Gareng : "Walah..walah ..masalah Disomasi ya tenang saja Gareng tidak ingin menjadi Pahlawan tapi sebagai Pelayan Warga Negeri .." tandas Kang Gareng berapi-api seperti api tak kunjung padam.

Petruk : "Benang bundel, tenang tidak boleh mangkel. Bahaya Kang Gareng mau disiomai..ee disomasi kok tenang. Ya harus bersikap, tidak boleh statis," terang Petruk penuh semangat.

Kang Gareng : "Suikap apa lagi Truk ? Disomasi biarlah, karena kaitannya "Diajak Sosialisasi Masalah Kaderisasi" jelas Truk," tandas Kang Gareng penuh wibawa.

Petruk : "Ke Trawas mampir Surabaya, tewas saja. Jadi pikiran berat..jur jur ajur," celoteh Petruk sambil berdiri lalu pergi.



🌸AHAD BERKAH🌸
✨SELAMAT PAGI & SEMANGAT BERAKTIVITAS✨
#JagaKebersihan&Kesehatan
#StaySafe







Posting Komentar

0 Komentar