APENSO INDONESIA

header ads

MENGHIBUR DIRI ALIAS TIDAK PANIK

MENGHIBUR DIRI ALIAS TIDAK PANIK

Oleh : Suryadi

Director of Education APENSO Indonesia



Daniel Goleman mengatakan: "Bagaimanapun, mengatur emosi sama dengan bekerja full time, sebagian besar dari apa yang kita kerjakan terutama pada waktu luang adalah berupaya mengatur suasana hati. Semuanya, mulai dari membaca novel atau menonton televisi hingga memilih kegiatan dan sahabat, bisa jadi adalah cara untuk membuat diri kita merasa lebih nyaman. Seni menghibur diri sendiri merupakan ketrampilan hidup yang mendasar; beberapa pemikir psikoanalitis, seperti John Bowlby dan D.W. Winnicott, menganggapnya sebagai salah satu alat kejiwaan yang paling penting."

Menurut Goleman, merokok bisa termasuk dalam seni menghibur diri sendiri.

Masing - masing punya cara untuk menghibur diri sendiri. Jika ada yang senang merokok, merasa terhibur, ini juga bisa termasuk seni menghibur diri sendiri. Tentu, yang tidak suka merokok jangan merokok. Cari hobi positif yang dapat menghibur diri sendiri.

Para ahli agama dahulu pernah ada yang berucap : "merokok dapat menambah umur 5 menit..". Sedangkan para ahli medis (di-sponsori para kapitalis barat), mengatakan bahwa merokok dapat mengurangi umur 3 menit. Sedangkan para peduli kaum kecil dan masyarakat kecil Indonesia berpendapat : "merokok atau tidak, yang penting happy-dapat menambah umur 7 menit". Tidak panik.  (Sur)






Posting Komentar

0 Komentar