APENSO INDONESIA

header ads

Webinar Pergulatan Para Pendidik Di Tengah Tantangan Krisis Kemanusiaan

“Webinar Pergulatan Para Pendidik Di Tengah Tantangan Krisis Kemanusiaan“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



   Sebuah sekolah, tidak akan lengkap bila tidak ada kehadiran guru dan murid seperti halnya guru-guru di seluruh Indonesia, harus beradaptasi dengan kehadiran pandemi virus corona yang mengakibatkan sekolah-sekolah ditutup dan pembelajaran dialihkan menjadi jarak jauh (PJJ). 

   Ia kini harus belajar hal-hal baru, seperti cara menggunakan aplikasi Zoom, Google Meet, dan Google Classroom. Pengalaman menarik di masa pandemi ini ia dapatkan, salah satunya ketika Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di tiga hari awal tahun ajaran baru 2020/2021. 

   Pengalaman menemui siswa secara langsung di rumah mereka, rupanya membawa dampak luar biasa bagi Ifan. Setelah melihat langsung kondisi anak didiknya, ia yang awalnya idealis dan menuntut siswa-siswanya untuk bisa mengikuti pembelajaran daring, kini mulai bisa memahami keadaan mereka. 

   Hatinya tersentuh melihat keadaan siswanya, yang sebagian besar berasal dari keluarga tidak mampu, namun dipaksa harus bisa mengikuti sistem yang sulit dijangkau oleh mereka. Ada sesuatu yang hilang, ketika sistem pembelajaran dilakukan secara daring, saat guru dan muridnya tidak bisa lagi bertatap muka dan berinteraksi di satu ruang yang sama. 

   "Indonesia itu tidak hanya Jakarta, ini pulau Jawa tapi kondisinya seperti ini. Apalagi di Papua, Nusa Tenggara? Teman-teman saya di Kupang, Maluku, bagaimana itu? Apakah bisa pembelajaran seperti ini, lewat Microsoft 365, atau Zoom?"

   Pada hari Rabu, 9/9/2020 Sekolah kebijakan publik mengadakan Webinat tentang "Pergulatan Para Pendidik Di Tengah Tantangan Krisis Kemanusiaan" yang diadakan pukul 19.00 melalui link https://bit.ly/ZoomSKP137. Adapun dalam kesempatan tersebut yang menjadi Pemateri dalam Webinar tersebut adalah Ibu Dr. Itje Chodidjah, M.A. Beliau adalah pengamat pendidikan. 

   Narasumber yang kedua yaitu bapak Kemis, S.Pd beliau adalah penggerak TUBABA CERDAS dan Pengawas SD Kabupaten Tulang Bawang Barat. Narasumber yang ketiga adalah Riski, S.Pd, M.Pd beliau adalah Guru SD Negeri SIDOTOPO I / 48 Surabaya. Beliau adalah alumni Asia Pacific Teacher EXChange2018.

   Dalam kesempatan tersebut yang bertindak menjadi Moderator adalah bapak Sudirman Said Ketua Institut Harkat Negeri Dosen PKN STAN. Dalam kegiatan tersebut para Narasumber menceritakan pengalaman masing – masing ketika melakukan pembelajaran di tempat mereka masing - masing.









Posting Komentar

0 Komentar