APENSO INDONESIA

header ads

JAGA KULIT TUBUH AGAR TETAP ERGONOMIS

JAGA KULIT TUBUH AGAR TETAP ERGONOMIS


Oleh : Gempur Santoso

Guru Besar Ergonomi K3 Unipa Surabaya



Anda manusia? Jawab : ya manusia. Seluruh tubuh Anda terbungkus kulit tubuh? Jawab : ya. Untuk apa? Jawab : agar terlindung panas dan dingin. 

Kalau sekadar terlindung dari panas dan dingin cukup payung atau baju atau jaket. Tanpa kulit badan, bagaimana? Kan tidak begitu. Pasti manusia punya kulit seluruh tubuh. Termasuk tenaga kerja (naker) yang juga manusia.

Perusahaan secanggih apapun. Pakai mesin otomatis. Digital. Pasti menggunakan manusia. Tak ada manusia, pabrik/perusahaan akan macet, tak ada yang mengoperasikan. Tenaga kerja adalah aktor utama perusahaan. Naker juga manusia, pasti berkulit.

Kulit seluruh tubuh sangat penting. Jika manusia terbakar 50 % seluruh tubuh atau lebih, rata - rata wafat. Maka jangan sembarangan memperlakukan kulit Anda.

Mengapa 50 % dan lebih kulit terbakar rata - rata akan wafat? Ya dalam tubuh akan panas di atas suhu care hidupnya sel tubuh. Suhu care sel tubuh (suhu dalam tubuh) adalah 37°C.

Apabila sel tubuh mati, lebih banyak atau semua, manusianya pun akan mati alias wafat. Harus tahu, bahwa manusia itu terdiri dari trilyunan susunan sel. Sekitar 30 - 40 trilyun sel.

Kulit mengatur itu. Di kulit kita ada pori - pori. Kerja pori - pori adalah membuka dan penutup. Mengatur suhu luar yang masuk ke tubuh. Juga mengatur panas keluar tubuh. Agar sel tubuh tetap pada suhu care. Atau suhu nyaman yang diperlukan sel yakni 37°C.

Saat udara/lingkungan suhu dingin. Pori - pori kulit menutup. Panas tubuh tidak terbuang keluar. Itu menjaga suhu dalam tubuh 37°C. Agar sel tubuh tetap hidup.

Saat di luar panas. Pori - pori membuka. Mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Makin panas, akan berkeringat. Berkeringat mengeluarkan panas dari dalam tubuh. Itu menjaga agar sel tubuh tetap dalam suhu 37°C.

Sebaiknya tidak bekerja di tempat panas. 

Kalau pori - pori kulit rusak, maka tidak bisa menjaga suhu care sel. 

Saat pori - pori kulit banyak rusak. Saat udara luar panas. Dalam tubuh akan ikut panas. Jika dalam tubuh suhu 42°C, maka sel tubuh akan mati. Semua sel mati, manusianya akan wafat.

Begitu pula saat udara luar dingin. Pori - pori kulit banyak rusak. Dalam tubuh ikut dingin. Jika di dalam tubuh mengalami dingin. Suhu di bawah 27°C, sel tubuh akan mati. Jika semua sel tubuh mati, tentu manusianya akan wafat.

Itulah, betapa sangat penting kulit tubuh kita, harus tetap keadaan normal.

Jangan lukai kulit kita. Saat luka sembuh, sel kulit kita akan kaku. Elastisitas kulit kita akan kaku. Tentu pori - pori kita menjadi kurang elastis, kurang normal.

Saat dingin, pakai baju atau jaket, akan membantu kerja pori - pori kulit kita. Sel tubuh kita tetap dalam suhu normal alias care (nyaman).

Tenaga kerja, manusia. Jaga kulit tubuh, yang melindungi sel tubuh kita. Tetap nyaman. Awet hidup, panjang umur.

Kemampuan pori - pori kulit tubuh yang lemah. Membuat lemah pula dalam menjaga suhu tubuh, pada suhu care sel tubuh. Jika sel tubuh lemah atau juga lelah. Manusianya pun akan lemah dan lelah. 

Tentu, kelelahan akan menimbulkan produktivitas kerja tidak maksimal. Alias hidup atau bekerja menjadi tidak ergonomis, saat terikat jam kerja atau target kerja ataupun tanggung jawabnya.

Jaga kulit masing - masing. Jangan diciderai. Jangan dilukai. Dalam bentuk cidera atau luka apapun.

Semoga sahat selalu untuk semua...aamiin yra.

(GeSa) 







Posting Komentar

0 Komentar