APENSO INDONESIA

header ads

Keluarkan Keringat Dengan Berlatih Perisai Diri

“Keluarkan Keringat Dengan Berlatih Perisai Diri“



Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Sistem imun adalah garda terdepan saat tubuh dimasuki kuman atau bakteri penyebab penyakit. Saat imun lemah, tubuh dengan mudah sakit dan terinfeksi. Itu alasannya, daya tahan tubuh harus selalu dijaga dengan baik. Terlebih lagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini. 

   Pada dasarnya, sistem imun tubuh dapat dijaga dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang secara teratur. Akan tetapi, itu saja rupanya belum cukup. Terkadang, tubuh Anda membutuhkan aktivitas yang meningkatkan imunitas untuk mencapai tingkat kebugaran yang optimal. Cara meningkatkan imun tubuh yang umum dilakukan adalah menerapkan pola hidup sehat, menghindari stres, dan juga mengonsumsi suplemen. Namun, di luar itu, masih ada banyak cara menjaga daya tahan tubuh.

   Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan ringan pada sistem pernapasan, infeksi paru-paru yang berat, hingga kematian. 

   Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, seperti lansia (golongan usia lanjut), orang dewasa, anak-anak, dan bayi, termasuk ibu hamil dan ibu menyusui. Infeksi virus Corona disebut COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) dan pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. 

   Virus ini menular dengan sangat cepat dan telah menyebar ke hampir semua negara, termasuk Indonesia, hanya dalam waktu beberapa bulan. Hal tersebut membuat beberapa negara menerapkan kebijakan untuk memberlakukan lockdown dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona. Di Indonesia sendiri, diberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) untuk menekan penyebaran virus ini. 

   Coronavirus adalah kumpulan virus yang bisa menginfeksi sistem pernapasan. Pada banyak kasus, virus ini hanya menyebabkan infeksi pernapasan ringan, seperti flu. Namun, virus ini juga bisa menyebabkan infeksi pernapasan berat, seperti infeksi paru-paru (pneumonia). Selain virus SARS-CoV-2 atau virus Corona, virus yang juga termasuk dalam kelompok ini adalah virus penyebab Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) dan virus penyebab Middle-East Respiratory Syndrome (MERS). 

   Meski disebabkan oleh virus dari kelompok yang sama, yaitu coronavirus, COVID-19 memiliki beberapa perbedaan dengan SARS dan MERS, antara lain dalam hal kecepatan penyebaran dan keparahan gejala. Gejala awal infeksi virus Corona atau COVID-19 bisa menyerupai gejala flu, yaitu demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala. Setelah itu, gejala dapat hilang dan sembuh atau malah memberat. Penderita dengan gejala yang berat bisa mengalami demam tinggi, batuk berdahak bahkan berdarah, sesak napas, dan nyeri dada. Gejala-gejala tersebut muncul ketika tubuh bereaksi melawan virus Corona.

Dalam rangka meningkatkan Imun Peserta didik baik di SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 2/10/2020 seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya datang pukul 6.30 mulai kelas 2 - kelas 6 SDS "AL-IKHLAS Surabaya dan kelas 8 – kelas 9 SMP PGRI 6 Surabaya untuk mengikuti latihan Perisai Diri yang di latih oleh Kiki Inayatul Aisyah, S.Pd Guru Olah Raga. Dimana beliau-nya juga Atlet Perisai Diri.

   Semua Peserta didik berkumpul di lapangan. Sebelum memulai latihan Ibu Kiki Inayatul Aisyah, S.Pd mengajak untuk berdoa agar latihan pada pagi hari ini berjalan lancar. Menurut Bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. Banu Atmoko, S.Pd alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan iman, biar anak didik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS semua sehat, keluar keringat, sehingga kekebalan tubuh mereka kuat dalam menghadapi penyakit seperti Pandemi COVID – 19 ini. Kata bapak H. Banu Atmoko, S.Pd Sehat lahir bathin. 

   Alhamdulilah jam 08.15 Seluruh Siswa/Diswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya selesai yang latihan Perisai Diri keluar keringat semua mereka dan Ibu Kiki Inayatul Aisyah, S.Pd menutup kegiatan tersebut dengan Doa agar kembali ke rumah dengan selamat serta diberikan kesehatan oleh Allah S.W.T . Olah Raga itu sangat penting kata bapak H. Banu Atmoko, S.Pd dan Ibu Kiki Inayatul Aisyah, S.Pd.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar