APENSO INDONESIA

header ads

Nikmatnya Makan Mangga Hasil Panen Sahabat Dari Gemurung

“Nikmatnya Makan Mangga Hasil Panen Sahabat Dari Gemurung”


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


   Secara umum, pasca panen dapat diartikan sebagai tindakan meliputi pemetikan hasil, pembersihan lahan, pengangkutan hasil, penyimpanan hingga pengemasan. Tujuan utama dari pasca panen adalah guna menghasilkan panen sesuai standar nasional yang berlaku. Tindakan pasca panen ini bertujuan untuk meminimalisir hasil yang kurang memuaskan pada periode tanam selanjutnya. 

   Panen merupakan tindakan akhir dari sebuah proses penanaman. Namun di sisi lain, panen dapat dikatakan sebagai permulaan dari kegiatan pasca panen. Panen adalah kegiatan pemungutan atau pemetikan hasil bumi. Pemanenan dapat dilakukan dengan teknik apa saja dan dengan bantuan alat apa saja, yang penting adalah mengarah pada pencapaian hasil bumi. 

   Arti dari pasca panen adalah sebuah tindakan yang dimulai dengan pemungutan hasil bumi lalu kemudian diolah dengan cara tertentu hingga sampai tahap siap dipasarkan. Tindakan pasca panen bisa dimaknai dengan memproses hasil panen mulai dari proses perontokan, pengeringan, penyimpanan hingga pemasaran. 

   Dalam pasca panen juga harus ada tindakan-tindakan yang diperlukan yaitu penanganan pasca panen. Penanganan pasca panen merupakan sebuah tindakan lanjutan dari pasca panen. Penanganan pasca panen adalah tindakan pengolahan hasil panen dengan tujuan akhir untuk dipasarkan kepada konsumen. 

   Penanganan pasca panen bertujuan untuk menghasilkan produk yang aman dan siap dikonsumsi. Pengolahan produk bisa dilakukan oleh industri maupun perorangan yang tetap mengedepankan keamanan produk. Penanganan pasca panen dimaksudkan untuk menjaga hasil panen dan lahan tetap terjaga kondisinya. Teknik penanganan sesuai prosedur akan membuat lahan tetap menjadi produktif hingga masa tanam berikutnya. Alhasil pada penanaman periode berikutnya hasil yang didapat sesuai dengan harapan. 

   Sahabat adalah seseorang yang selalu ada ketika kita ingin berbagi cerita serta memberi perhatian ketika kita membutuhkan. Ketika bersama sahabat tidak ada rasa sedih, mereka akan selalu buat kita tersenyum. Bersama sahabat adalah kejadian yang tidak dapat terlupakan, karena bersamanya semua kejadian akan menjadi kenangan yang indah. Sahabat bukanlah yang bisa membuat semua masalahmu menghilang, tapi yang tidak akan menghilang saat kau memiliki masalah. 

   Sahabat adalah mereka yang tahu ketika kamu bersedih atau terluka, bahkan jika kamu menyembunyikan semua di balik sebuah senyuman. Sahabat selalu ada untukmu ketika kamu punya masalah. Bahkan terkadang memberi saran yang konyol hanya untuk melihat kamu tertawa. 

   Sahabat dan teman itu berbeda. Tidak semua orang dapat menjadi sahabat, seorang sahabat akan selalu ada untuk kita dan mempunyai ikatan emosi dan batin yang kuat pada diri kita, akan tetapi seorang teman adalah orang yang hanya kita kenal dan tidak ada ikatan batin dan emosi yang sama. Hidup ini tak akan ada artinya jika kita tidak mempunyai seorang sahabat. 

   Sahabat adalah mereka yang selalu ada di sisimu bukan hanya pada saat kau berjaya, namun juga pada saat kau tak berdaya. Sahabat tak hanya bersama saat suka maupun duka, tetapi sahabat harus mampu mengatasi setiap masalah bersama. Dalam hidup, kamu tak hanya harus temukan mereka yang mampu menyenangkan hatimu, tapi juga mereka yang tak biarkan hatimu terluka. Meskipun terkadang berselisih pandangan tentang suatu hal, itu semua adalah suatu proses yang harus kita jalani agar jalinan persahabatan itu akan semakin erat. 

   Dengan adanya berbagai masalah yang kita alami bersama sahabat, akan membuat kita semakin dewasa dan memberikan kita pelajaran agar dapat memahami berbagai karakter manusia yang kita jumpai. Memahami karakter seseorang merupakan hal yang sulit jika kita tidak berusaha untuk berteman dengan seseorang dan mengenal dia secara dekat.

   Pada hari Minggu, 4/10/2020 Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir menerima kiriman bingkisan Panenan Mangga dari sahabat Ibu Hj. Ida Ambarini, S.Pd, M.M dari Gemurung – Gedangan – Sidoarjo.

   Alhamdulilah, Sahabat sekaligus Kakak Ibu Hj. Ida Ambarini, S.Pd, M.M masih ingat kepada Penulis dengan memberikan Mangga. Dengan Penulis Mangga pemberian Ibu Hj. Ida Ambarini, S.Pd, M.M langsung di kupas oleh Kakak Penulis dan langsung dibagi untuk Mama Penulis, Kakak Penulis serta Penulis. Mantab banget Mangga-nya, manis poll dan kuning, ujar Penulis.

   Dalam kesempatan ini, Penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu Hj. Ida Ambarini, S.Pd, M.M sebagai Sahabat dan Kakak yang sudah mengirimkan hasil Panen Mangga-nya, serta jika Panen lagi bisa dikirimi lagi.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar