APENSO INDONESIA

header ads

AJAK PEMANASAN SEBELUM MEMULAI PANAHAN MENUJU SISWA SEHAT SERTA SEKOLAH UNGGUL

“AJAK PEMANASAN SEBELUM MEMULAI PANAHAN MENUJU SISWA SEHAT SERTA SEKOLAH UNGGUL“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Seperti yang telah kita ketahui, suatu sesi olahraga atau latihan terdiri dari 3 fase, yaitu: pemanasan (warming up), latihan inti, dan pendinginan (cooling down). 

Tidak sedikit yang melewatkan ataupun hanya melakukan sekedarnya fase pemanasan. Padahal, pemanasan memiliki banyak manfaat. Pemanasan adalah bagian dari kegiatan latihan atau olahraga yang bertujuan untuk mempersiapkan tubuh sebelum melakukan aktivitas fisik atau olahraga inti. 

Fase pemanasan biasanya dilakukan dengan kardio ringan, dan juga bisa dikombinasikan dengan peregangan dinamis/statis. Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa pemanasan dilakukan dengan mengombinasikan kardio ringan dengan peregangan dinamis dan statis.

Nah pertanyaan yang sering muncul adalah : seberapa lama waktu yang diperlukan untuk melakukan pemanasan sebelum olahraga? Pada dasarnya jangan terlalu khawatir dengan berapa lama waktu yang diperlukan, tetapi fokuslah pada setiap kegiatan dalam sesi pemanasan dan lakukanlah secara sungguh-sungguh. 

Normalnya fase pemanasan biasa dilakukan selama 5-10 menit sebelum latihan inti, tetapi juga dapat disesuaikan dengan level atau intensitas, serta jenis olahraga yang akan dilakukan pada hari itu. Apabila intensitas latihannya cukup tinggi, maka pemanasan yang dilakukan juga harus disesuaikan agar bisa mempersiapkan tubuh semaksimal mungkin.

Pada intinya, janganlah melewatkan sesi pemanasan sebelum latihan atau olahraga. Jika melewatkan atau bahkan menyepelekan pemanasan, berarti anda membiarkan tubuh anda sendiri untuk rentan terkena cedera.

Panahan adalah salah satu olahraga yang menggunakan busur panah untuk menembak anak panah. Olahraga panahan dalam bahasa Inggris disebut dengan archery. Olahraga panahan juga merupakan salah satu dari olahraga anjuran nabi dan juga salah satu warisan budaya tradisional masyarakat Indonesia.

Panahan atau memanah menjadi olahraga yang cukup populer pada zaman sekarang. Sehingga banyak sekali terdiri pelatihan dan juga gerai panahan di kota-kota besar. Meski bisa dibilang olahraga yang sulit untuk dipelajari, tetap saja olahraga ini bisa dikuasai dengan ketekunan dan kerja keras yang gigih.

SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya adalah Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, masih dalam suasana Pandemi Covid-19 Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya tetap semangat dalam memerangi Covid–19 dengan olahraga mengeluarkan keringat seperti yang terjadi pada hari Sabtu, 14/11/2020 seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya mengikuti kegiatan Extra Panahan yang dilatih oleh Kak SYAHRUL, S.Pd alumni jurusan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

(Siswa/Siswi ketika kegiatan)

Sebelum memulai Extra Panahan, seluruh Siswa/Siswi baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS “AL-IKHLAS Surabaya melakukan senam pemanasan agar otot - otot kita renggang dan tidak terjadi apa - apa saat melakukan Extra Panahan tersebut. 

Selesai pemanasan Kak SYAHRUL, S.Pd langsung mengajak seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya untuk bermain panahan. Mereka sangat semangat dalam bermain panahan tersebut, walaupun baru 2 kali latihan ternyata anak didik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya sudah sangat lihai dalam melakukan panahan tersebut di matras yang di sumbang oleh SMP YP 17. Alhamdulilah, matras dari SMP YP 17 bisa bermanfaat dan berguna untuk latihan Extra Panahan. 

Menurut bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini semoga Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya sehat terus terhindar dari Covid-19 serta semoga semakin sukses, berkah barokah selamanya, dan semakin jaya SMP PGRI 6 Surabaya.
#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar