APENSO INDONESIA

header ads

KEGIATAN MAULID NABI MUHAMAD S.A.W SERTA KEGIATAN BERBAGI JUM’AT BERKAH

“KEGIATAN MAULID NABI MUHAMAD S.A.W
SERTA KEGIATAN BERBAGI JUM’AT BERKAH“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Maulid artinya kelahiran. Sementara Maulud itu artinya orang yang dilahirkan. Istilah keduanya sama benarnya, intinya kita memperingati sosok kelahiran seorang yang penting bagi kita, terutama sebagai seorang muslim.

Memperingati maulid semata-mata untuk mengenang warisan atau peranan Nabi Muhammad SAW semasa hidupnya. Ketika Maulid, selain mewarisi apa yang nabi tinggalkan kepada kita yakni Al quran dan Hadist serta sunah, akhlak juga menjadi hal yang utama.

"Nabi pernah menyampaikan : Aku tidak lain diutus untuk menyempurnakan akhlak," saat ini akhlak menjadi hal penting bagi umat muslim untuk diperhatikan. Menariknya ketika ini semua terbungkus dalam sebuah kerinduan. Kita memiliki sosok ideal dalam hidup, meskipun tidak kita temui itu ada dalam benak kita, siapa? Nabi Muhammad SAW.

Hal ini menjadikan Islam makin unik karena sosoknya dirasa sempurna. Bahkan sejarah mencatat, Nabi Muhammad adalah salah satu orang yang paling berpengaruh dalam sejarah umat manusia. Beliau tetap berdoa, tetap beristigfar, dan tetap menjalankan kewajibannya seorang muslim. 

Jadi kita memperingati maulid, mengingat-ingat sosok Nabi, kita berusaha meniru. Pada akhirnya kehidupan kita bisa menjadi lebih tenang, kebutuhan spiritual terjawab. Ada ayat yang menjelaskan tentang Allah SWT dan Malaikat itu bersolawat kepada Nabi Muhammad SAW, kenapa kita tidak?

Surah al-Ahzab [33] ayat 56 :
innallāha wa malā`ikatahụ yuṣallụna 'alan-nabiyy, yā ayyuhallażīna āmanụ ṣallụ 'alaihi wa sallimụ taslīmā
Artinya : Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 6/11/2020 mengadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W.

Adapun kegiatan tersebut di mulai pukul 08.00 WIB. Sebelum memulai acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad S.A.W bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah memperingati MAULID NABI MUHAMMAD S.A.W yaitu hari kelahiran Nabi Muhammad S.A.W., serta diharapkan seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya bisa meneladi sifat – sifat yang dimiliki Nabi Muhammad S.A.W.

Berikutnya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga meminta agar siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya di masa Pandemi Covid-19 ini rajin belajar khususnya Kelas 5, 6 SDS “AL-IKHLAS Surabaya dan Kelas 8, 9 SMP PGRI 6 Surabaya dalam mempersiapkan AKM.

Terakhir bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd meminta kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya setelah acara ini membagikan ketan sumbangan dari ibu CHUSNUR ISMIATI HENDRO GUNAWAN, yang lebih dikenal dengan ibu IIS HENDRO GUNAWAN. Beliaunya memberikan sumbangan ketan yang dileli dari bapak ABDUL AZIS PANIGORO, S.Psi alumni Kepala SMP GATRA Surabaya dan minuman seperti Floridina, Isotonik. 

Selanjutnya, acara pembacaan Yasin, Istighosah, dan Sholawat dipimpin oleh bapak ACHMAD SYAIFUDDIN, S.H.I Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP PGRI 6 Surabaya di temani ibu ANIS LAILY MUFIDAH,S.Pd selaku Kepala SDS “AL-IKHLAS Surabaya. Selesai pembacaan Yasin, Istighotsah, serta Sholawat tersebut sumbangan ketan dan minuman dibagikan kepada Tukang Becak, Sopir, dan Pemulung di sekitar jalan SMP PGRI 6 Surabaya.

(Kegiatan pembagian di jalanan)

Dimana Tim yang membagikan di bagi 2 group yaitu Group Kanan dan Group Kiri yang didamping ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd, ibu MEI RATNA SUSANTI, S.Si, ibu FIRDA ERDYATI, S.Pd, ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd, ibu KIKI INAYATUL AISYAH, S.Pd. Alhamdulilah, Masyarakat puas dan bangga kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS tersebut di masa Pandemi Covid– 19 masih meluangkan waktu tenaga dan pikiran untuk Jum'at Berkah Barokah berbagi.

Dalam kesempatan tersebut bapak Kepala SMP PGRI 6 Surabaya berterimakasih kepada ibu CHUSNUR ISMIATI HENDRO GUNAWAN, yang setiap Jum’at selalu memberikan sumbangan untuk siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya. Semoga ibu CHUSNUR ISMIATI HENDRO GUNAWAN, sehat berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana 
#dispendikSurabaya 
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar