APENSO INDONESIA

header ads

NIKMATNYA BERBAGI HASIL PANEN PISANG KEPADA MASYARAKAT DAN SAHABAT

“NIKMATNYA BERBAGI HASIL PANEN PISANG
KEPADA MASYARAKAT DAN SAHABAT“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia


Panen adalah pemungutan (pemetikan) hasil sawah atau ladang. Istilah ini paling umum digunakan dalam kegiatan bercocok tanam dan menandai berakhirnya kegiatan di sebuah lahan. 

Namun, istilah ini memiliki arti yang lebih luas, karena dapat dipakai pula dalam budi daya ikan atau berbagai jenis objek usaha tani lainnya, seperti jamur, udang, alga atau gulma laut, dan hasil hutan (kayu maupun non-kayu).

Secara kultural, panen dalam masyarakat agraris sering menjadi alasan untuk mengadakan festival dan perayaan yang berhubungan dengan kepercayaan atau adat suatu daerah. Panen pada masa kini dapat dilakukan dengan teknologi yang canggih, seperti mesin pemanen combine harvester, tetapi dalam budi daya yang masih tradisional atau setengah trandisional orang masih menggunakan sabit atau bahkan ani-ani. 

Panen tanpa menggunakan mesin merupakan salah satu pekerjaan dalam budi daya yang paling memakan banyak waktu, dan tenaga kerja. Kegiatan ini dapat langsung diikuti dengan proses pascapanen atau pengeringan terlebih dahulu.

Pada hari Selasa, 3/11/2020 Penulis bebagi Pisang hasil panen dari rumah di Singosari – Malang, dimana Pisang tersebut dibagikan kepada tetangga – tetangga di sebelah sekolahan, serta dibagikan kepada bapak Drs. H. SHAHIBUR RACHMAN, M.Pd Kepala SMP NEGERI 15 Surabaya 2 Cengkeh dan 1 Cengkeh untuk ibu Dra. HJ ERNA SAIDAH Kepala SMP YP 17 Surabaya. 

Bagi Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir sangat senang dan bahagia bisa berbagi kepada masyarakat sekitar sekolah SMP PGRI 6 Surabaya dari hasil Panen kebun milik Penulis di Singosari - Malang.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar