APENSO INDONESIA

header ads

TERHIBUR

TERHIBUR 

(Ki Seno Nugroho almarhum)

Oleh : apensoindonesia.com


Diajak terhibur lebih suka daripada diajak susah. Maka, tiap orang butuh hiburan. Hiburan bukan bersenang - senang semata. Hiburan adalah membuat tidak susah. Walau seadanya, kerja seadanya, punya seadanya, tapi ikhlas halal, hati tetap terhibur.

Setiap orang pun tidak suka kalau diajak susah. Susah atau sedih jelas menyiksa diri. Ada orang berpepatah "hidup sudah susah kok dibuat susah". Tetap berusaha, tetap kerja, tetap terhibur alias tidak susah.

Tadi baru tahu. Dari facebook (fb). Dalang Ki Seno Nugroho, wafat. Pada 3 November 2020 dia wafat. Semoga husnul khotimah...aamiin yra.

Saya terhibur oleh dalang ini. Saat malam sepi, tidak ada yang dikerjakan. Selesai. Hampir pasti saya nonton dalang ini sedang manggung wayangan. Di watc video fb.

Mengapa saya terhibur wayang dengan dalang Ki Seno Nugroho. Sebab, cerita yang di-dalangkan gampang dicerna. Ringan tampilan cerita. Ringan bahasa yang dipakai (bahasa saat ini). 

Juga. Ki Seno Nugroho. Lucu cara menyuguhkan. Cerdas. Banyak makna filsafat hidup yang dilontarkan. Bermafaat. Terhibur. Alias membuat tidak susah walau saat wayang lakon cerita susah.

Saya pernah dengar. Ki Seno Nugroho men-ndalang tujuannya "menghibur" bagi yang sedang nonton. Full menyenangkan saat gegojekan Bagong dan ponokawan dengan para Sinden wayang.

Semua sinden bisa diajak gegojekan oleh dalang memerankan Bagong. Tentu ada sinden "bintang" sebatas gojekan. Ceplas ceplos, cerdas saat digojlok oleh dalang, secara normal enak dilihat. Tidak jelai.

Kadang, sampai tertidur dengar wayang. Selamat jalan almarhum Ki Seno Nugroho. Semoga Tuhan mengampuni segala dosamu. Semoga dalang - dalang sepertimu lahir menghibur. Lestarikan seni budaya.

Tentu, terhibur sesuai selera masing - masing. Beraktivitas atau bekerja. Yang penting, bersahaja, tidak susah, tetap bahagia. Terhibur.

Tetaplah hati senang, terhibur, walau dalam diri...semoga sehat selalu...aamiin yra.

(GeSa)



Posting Komentar

0 Komentar