APENSO INDONESIA

header ads

Ajarkan Siswa Tumbuhkan Jiwa Religius, Mandiri Serta Gotong Royong Dalam Pengembangan Karakter

“Ajarkan Siswa Tumbuhkan Jiwa Religius, Mandiri Serta Gotong Royong Dalam Pengembangan Karakter“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Pendidikan karakter dapat dikatakan sebagai usaha manusia secara sadar dan terencana dalam hal mendidik sekaligus memberdayakan peserta didik dengan tujuan membangun karakter pribadi peserta didik. Tentu saja hal ini dilakukan agar nantinya peserta didik menjadi individu yang bermanfaat bagi diri sendiri dan orang banyak.

Menurut John W. Santrock, pendidikan karakter merupakan pendidikan dengan pendekatan langsung pada peserta didik dengan tujuan menanamkan nilai moral sehingga dapat mencegah perilaku yang dilarang. Pendidikan karakter berhubungan erat dengan psikis individu. 

Dengan pendidikan karakter, dapat diajarkan pandangan tentang nilai-nilai kehidupan, contohnya kejujuran, kepedulian, tanggung jawab, hingga keimanan.

Dalam menumbuhkan jiwa religius, mandiri, dan gotong royong Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL IKHLAS Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at, 4/12/2020 Siswa/Siswi pada pukul 06.30 berkumpul di Sekolah untuk latihan Perisai diri yang di latih oleh Ibu KIKI INAYATUL AISYAH, S.Pd. 

(Latihan Perisai diri)

Tepat jam 08.00 setelah latihan Perisai diri seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya masuk ke dalam ruangan kelas 7 untuk melaksanakan pembacaan Istighosah, Yasin, dan Pembacaan Sholawat Nabi. 

Sebelum memulai acara pembacaan Yasin, Istighosah, dan Sholawat Nabi Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd memberikan sambutan. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya yang sudah meluangkan untuk melakukan kegiatan Jum’at Berkah dengan memberikan sumbangan nasi. 

Semoga sumbangan anak didik SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya di terima Allah S.W.T dan Semoga Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya dijauhkan dari penyakit dan bala bencana serta pelaksanaan PEMILU WALIKOTA Surabaya pada hari Rabu, 9 Desember 2020 di Kota Surabaya berjalan lancar tanpa adanya kendala dan masalah.

Selanjutnya, pembacaan Istighosah, Yasin, dan Sholawat yang dipimpin oleh bapak ACHMAD SYAIFUDDIN, S.H. I selaku Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP PGRI 6 Surabaya.

Selesai pembacaan Istighosah, Yasin,  dan Sholawat, seluruh Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya didampingi Ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd, Ibu SULISTIANA, S.Pd, Ibu SRI SUPADMI, S.Pd, dan Ibu KIKI INAYATUL AISYAH, S.Pd berbagi nasi bungkus kepada tukang becak, tukang sampah, pemulung. 

Menurut bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa kegiatan yang dilakukan pagi hari ini adalah pengamalan dari Pendidikan Karakter yaitu menumbuhkan jiwa religius, mandiri, dan gotong royong yang dimulai sejak dini di bangku sekolah.

Semoga Hajat Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya, SDS “AL-IKHLAS Surabaya serta bapak/ibu Guru di kabulkan oleh Allah S.W.T sehingga PPDB 2021/2022 SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya dapat Siswa/Siswi banyak berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat





Posting Komentar

0 Komentar