APENSO INDONESIA

header ads

Hilangkan Kejenuhan Pembelajaran Daring Guru SMP PGRI 6 Surabaya Rekreasi Di Sarangan

“Hilangkan Kejenuhan Pembelajaran Daring
Guru SMP PGRI 6 Surabaya Rekreasi Di Sarangan“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Dalam menjalankan rutinitas akan ada masanya mengalami kejenuhan atau kebosanan. Tidak bisa dipungkiri dalam menjalankan pekerjaan yang sama setiap harinya. Apalagi dengan pekerjaan-pekerjaan yang sudah menumpuk, terikat deadline hingga menyebabkan tidak ada waktu bersantai. Ada saatnya kamu mungkin merasa bosan dengan kerjaan di kantor. 

Namun, lain ceritanya jika kamu sudah sampai tahap merasa sangat jenuh bekerja. Kejenuhan di tempat kerja adalah isu yang sangat serius. Sayangnya, masalah ini sering dipandang sebelah mata. 

Kejenuhan adalah perasaan lelah secara fisik, emosional, dan psikis setelah melakukan rutinitas berulang kali sehingga membuat kita tidak mau atau bahkan mampu melakukannya lagi. Jenuh adalah salah satu penyebab terbesar kenapa seorang pekerja menjadi tidak produktif dan rentan membuat kesalahan saat bekerja.

Pasalnya, kejenuhan mengurangi kemampuan seseorang untuk bertindak sigap dan berpikir jernih untuk membuat keputusan yang logis. Jenuh bekerja juga jadi penyebab kenapa kamu ingin mengerahkan lebih banyak tenaga untuk menyelesaikan tugas-tugas yang sebetulnya remeh. 

Semakin lama kamu merasa jenuh, motivasi, fokus, kecepatan, dan ketepatan kerja kamu juga cenderung menurun. Akhirnya, pekerjaan akan terasa lebih berat dari sebelumnya. Bukan mustahil kejenuhan pada akhirnya merambat ke hubungan profesional kamu dengan rekan kerja lainnya.

Hampir 10 bulan bapak/ibu Dewan Guru se Indonesia dibingungkan dan disibukan dengan pembelajaran daring ( On Line ) mulai mempersiapkan materi sampai prosentase kehadiran siswa selama pembelajaran daring tersebut. Termasuk di dalamnya adalah Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir Surabaya.

Untuk mengatasi kejenuhan yang hampir selama 10 nulan tersebut, pada hari Sabtu, 19/12/2020 Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya yang terdiri dari ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd selaku Kepala SDS "AL-IKHLAS Surabaya dan Bendahara di SMP PGRI 6 Surabaya, ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd selaku Guru BK SMP PGRI 6 Surabaya, ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd selaku Guru Bahasa Inggris SMP PGRI 6 Surabaya, ibu MEI KURNIATUL ADAWIYAH, S.Pd selaku Guru Matematika SMP PGRI 6 Surabaya dan ibu Dra. TIWIK SUKIRAHAYU selaku Guru Lingkungan Hidup di SMP PGRI 6 Surabaya.

Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya kumpul di SMP PGRI 6 Surabaya pukul 07.00, pukul 07.30 rombongan SMP PGRI 6 Surabaya berangkat menjemput Guru – Guru SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya. Dimana rombongan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya mampir di kediaman ibu ENY selaku Bendahara Sekolah dan Guru IPA di SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya. 

Disana menikmati masakan dari ibu ENY yaitu Soto Ayam, Ayam Bakar, Pecel. Selesai makan siang, rombongan dari SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya panen hasil kebun milik ibu ENY yaitu panen sukun dan rambutan. Dalam kesempatan ini, hasil panen kebun di ibu ENY mendapatkan sukun sebanyak 2 karung. Setelah dari rumah ibu ENY rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 menuju Sarangan di Hotel Nirwana 3. 

(Rombongan Guru-Guru SMP PGRI 6 Surabaya & SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya)

Selepas sholat Maghrib seluruh rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya untuk makan malam di tempat hotel. Selepas makan malam, rombongam SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya kedatangan tamu yang sangat istimewa di Hotel Nirwana 3 yaitu Bupati Magetan bapak Dr. Drs. H. SUPARWOTO, S.H, M.Si beserta ibu Dra. HJ. TITIK SUDARTI, M.Pd,.

Kedatangan beliau sangat istimewa bagi rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya. Ibu Dra. HJ. TITIK SUDARTI, M.Pd saat mengobrol dengan Guru – Guru tidak canggung karena beliau dulu mantan Kepala SMP Negeri 1 Surabaya. Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd menanyakan kepada ibu Dra. HJ. TITIK SUDARTI, M.Pd "Apakah SMP di Magetan sudah masuk ?", Bu TITIK menjawab sudah masuk dan mereka sudah siap dengan Pembelajaran Tatap muka Januari 2021. 

Dalam jesempatan ini, ibu Dra. HJ. TITIK SUDARTI, M.Pd membawakan oleh - oleh yang sangat banyak yaitu 2 buah Jenang, Pisang, dan Kripik – Kripik. Sebelum meninggalkan Hotel Nirwana 3, Bupati Magetan bapak Dr. Drs. H. SUPARWOTO, S.H, M.Si beserta ibu Dra. HJ. TITIK SUDARTI, M.Pd, melakukan foto bersama di depan Hotel Nirwana 3. 

Setelah itu, Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya menikmati dinginnya malam di Telaga Sarangan dengan ditemani minuman Ronde untuk menghangatkan tubuh,

Hari Minggu, 20/12/2020 rombongan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 Surabaya pukul 10.00 meninggalkan Hotel Nirwana 3 menuju ke Jalan Sawah untuk belanja Tas, Jaket, dan Sepatu Kulit. Setelah itu, rombongan menuju ke Pasar Tradisional Magetan untuk belanja oleh – oleh di Pasar Tradisional Magetan. 

Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 berharap setelah kegiatan rekreasi ini, Guru – Guru semakin meningkatkan etos kerjanya. Apalagi dalam menghadapi PPDB 2021/2022 semoga SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 dapat siswa banyak, berkah barokah selamanya, dan semoga Guru – Guru tetap sehat meningkatkan imun dengan kegiatan Rekreasi itu.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar