APENSO INDONESIA

header ads

MAKAN SEPIRING GULE MARYAM BERSAMA SAHABAT DI PINGGIR JALAN

“MAKAN SEPIRING GULE MARYAM BERSAMA SAHABAT DI PINGGIR JALAN“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Sudah biasa makan gulai kambing dengan lontong atau nasi? Kamu bisa mencoba hidangan berbumbu rempah ini dengan campuran roti maryam di Surabaya. Tampilannya memang unik karena sepotong roti khas Timur Tengah tersebut dicampur dengan gulai kacang hijau. Namun, rasanya tak mengecewakan. 

Apalagi jika mencoba gulai roti maryam di Surabaya, roti maryam lebih diidentikkan dengan budaya Arab, karena lebih banyak dijumpai di perkampungan Arab Surabaya, yaitu di sekitaran makam Sunan Ampel. Di banyak keluarga Arab yang saya kenal pun, roti maryam ini juga selalu menjadi menu utama ketika ada acara-acara kumpul-kumpul keluarga.

Roti maryam biasa dinikmati dengan berbagai macam toping seperti toping yang serupa orak-alir telur yang biasa disebut dengan satsuka, atau toping yang lebih berat semisal gulai kambing khas Arab yang rasanya begitu tajam itu. Saya sendiri biasanya lebih sering makan roti maryam tanpa toping, atau dengan toping-toping yang ringan seperti saus sambal atau saus tomat. Dan beberapa hari yang lalu, akhirnya saya bisa merasakan roti maryam dengan toping yang lebih berat, gulai.

Untuk mengantisipasi kejenuhan dan liburan, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Minggu, 27/12/2020 Penulis mendapatkan telepon dari bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I Kepala SMP Romly Tamim Surabaya untuk diajak makan – makan Gule Maryam di sebelah Hotel Quds Royal. Di sana Penulis yang alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 memakan sepiring Gule Maryan, Krupuk putih 2, dan Teh panas.

Bagi Penulis makan sepiring Gule Maryam dan Teh Panas sangat nikmat, apalagi bisa makan dengan sahabat tercinta yang juga sama – sama Kepala Sekolah di wilayah Surabaya Utara. Sebelum pulang bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd. I memberikan kenang - kenangan kaos oleh - oleh dari Yogyakarta untuk Penulis dan untuk bapak SYAHRUL, S.Pd selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar