APENSO INDONESIA

header ads

Persiapkan PPDB 2021/2022 SMP PGRI 6 Menyiapkan Dengan Kegiatan Tawasul

“Persiapkan PPDB 2021/2022 SMP PGRI 6 Menyiapkan Dengan Kegiatan Tawasul“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Berziarah kubur dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Mengingat banyak hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmah berziarah kubur adalah untuk mengingatkan kita akan kehidupan akhirat yakni sebuah fase masa depan yang keabadiannya kekal. Dengan begitu kita tidak lantas merasa senang dengan kehidupan duniawi. 

إِنِّي كُنْتُ نَهَيْتُكُمْ عَنْ زِيَارَةِ الْقُبُورِ فَزُورُوهَا فَإِنَّهَا تُذَكِّرُكُمْ الْآخِرَةَ
Artinya: "Dulu aku melarangmu melakukan ziarah kubur. Sekarang, lakukanlah ziarah kubur, karena akan mengingatkan kalian terhadap akhirat." (HR. Muslim).

Ziarah kubur diperbolehkan sepanjang tidak mengundang kesyirikan. Berdoalah hanya kepada Allah SWT bukan kepada orang yang sudah meninggal.

Allah SWT berfirman:
إِنَّ اللّهَ لاَ يَغْفِرُ أَن يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَن يَشَاءُ
Artinya : "Sesungguhnya Allah tidak akan memberi ampun terhadap dosa syirik kepada-Nya dan Dia akan memberi ampun terhadap dosa lainnya yang berada di bawah tingkatannya bagi siapa saja yang dikehendaki oleh-Nya." (QS. An Nisaa ayat 116).

Tawassul adalah mendekatkan diri kepada Allah dengan melaksanakan ketaatan kepada-Nya, beribadah kepada-Nya, mengikuti petunjuk Rasul-Nya dan mengamalkan seluruh amalan yang dicintai dan diridhai-Nya. Lebih jelasnya adalah kita melakukan suatu ibadah dengan maksud mendapatkan keridhaan Allah dan surga-Nya. 

Dalam masyarakat kita secara umum masih banyak yang menggunakan tawasul dalam kehidupannya. Terutama bagi yang menganut mahdzab Imam Syafi'i. Tawasul ialah aktivitas mengambil sarana atau wasilah agar doa atau ibadahnya dapat diterima, diijabah atau dikabulkan. 

Tawassul menurut bahasa yakni Al-wasilah yang berarti segala hal yang dapat menyampaikan dan mendekatkan kepada sesuatu. Sedangkan menurut istilah yaitu segala hal yang dapat mendekatkan seseorang kepada Allah SWT yaitu berupa amal kebaikan atau ketaatan yang disyariatkan.

Dalam rangka mengakhiri Pembelajaran Daring Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021, serta mempersiapkan Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir, pada hari Sabtu, 19/12/2020 sebanyak 5 Guru yaitu Ibu ANIS LAILY MUFIDAH, S.Pd selaku Kepala SDS "AL-IKHLAS Surabaya dan Bendahara di SMP PGRI 6 Surabaya, Ibu YUNI ISMARYATI, S.Pd selaku Guru BK SMP PGRI 6 Surabaya, Ibu DINA AYU SEPTYARINI, S.Pd selaku Guru Bahasa Inggria SMP PGRI 6 Surabaya, Ibu MEI KURNIATUL ADAWIYAH, S.Pd selaku Guru Matematika SMP PGRI 6 Surabaya, dan Ibu Dra. TIWIK SUKIRAHAYU selaku Guru Lingkungan Hidup di SMP PGRI 6 Surabaya.

Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya berkumpul di SMP PGRI 6 Surabaya pukul 07.00, pukul 07.30 Rombongan SMP PGRI 6 Surabaya berangkat menjemput Guru – Guru SMP KEMALA BHAYANGKARI 8 Surabaya, tepat pukul 10.15 Rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP KEMALA BHAYANGKARI 8 menuju ke makam jumadil qubro. Disana seluruh Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya membaca Yasin dan Tahlil yang dipimpin oleh bapak Ustad FATHUR ROHMAN.

Selesai dari makam jumadil qubro Rombongan Guru – Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP KEMALA BHAYANGKARI 8 Surabaya tepat pukul 11.39 Rombongan SMP PGRI 6 Surabaya dan SMP Kemala Bhayangkari 8 tiba di Makam Gusdur, tetapi karena kondisi Pandemi Rombongan tidak bisa masuk kedalam Arena Makam Gusdur, tetapi Rombongan SMP PGRI 6 Surabaya berdoa Tawasul di samping tanah kosong dekat makam Gusdur. Setelah dari Makam Gusdur, mereka semua berfoto di depan tulisan Asmaul Husnah dan Musium Indonesia tentang Sejarah Islam Pertama di Indonesia.

Menurut Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa tujuan kegiatan Tawasul pada hari Sabtu, 19/12/2020 adalah agar kita, Keluarga kita, dan Siswa diberikan kesehatan oleh Allah S.W.T dijauhkan dari Covid - 19 dilancarkan rezekinya, serta semoga pada Tahun Pelajaran 2021/2022 SMP PGRI 6 Surabaya, SDS "AL-IKHLAS Surabaya, dan SMP KEMALA BHAYANGKARI 8 Surabaya sukses AKM 2021 dan sukses PPDB 2021/2022 dengan PPDB mendapatkan Siswa banyak berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendik Surabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar