APENSO INDONESIA

header ads

SISWA SMP PGRI 6 SURABAYA AJAK HIDUP SEHAT DAN TETAP DI RUMAH SAJA MELALUI STAND UP COMEDY

“SISWA SMP PGRI 6 SURABAYA AJAK HIDUP SEHAT DAN TETAP DI RUMAH SAJA MELALUI STAND UP COMEDY“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Lawakan tunggal atau komedi tunggal (bahasa Inggris : Stand-up comedy, harfiah "komedi berdiri"), adalah salah satu genre profesi melawak yang pelawaknya (kadang disebut komika, bahasa Inggris : comic) membawakan lawakannya di atas panggung seorang diri, biasanya di depan pemirsa langsung, dengan cara bermonolog mengenai sesuatu topik. 

Orang yang melakukan kegiatan ini disebut pelawak tunggal (bahasa Inggris : stand-up comedian), komik, atau komik berdiri (komik tunggal). Lawakan mereka biasanya direkam dan kemudian dijual menjadi melalui DVD, internet, atau televisi.

Komedi tunggal biasanya dilakukan oleh satu orang (ada juga yang berbentuk grup), membawakan materi yang orisinil atau dibuat sendiri (ada juga yang membawakan lawakan umum), dan biasanya dilakukan di kafe-kafe. 

Orang yang melakukannya dinamakan Stand Up Comedian, Stand Up Comic, atau hanya disebut Comic. Biasanya para Comic membawakan materi mereka dengan gaya monolog, walaupun ada beberapa jurus yang mengharuskan mereka berinteraksi dengan penonton. Genre ini biasanya dibandingkan dengan lawakan berkelompok (grup lawak), seperti grup Srimulat Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. 

Selain itu, kreativitas adalah hal-hal yang membuat kita takjub dengan hal-hal baru, karena kreativitas bisa mewujudkan ide-ide cemerlang kita.

Pada masa Pandemi Covid – 19 ini, jangan patahkan semangat siswa untuk melakukan kreativitas dalam mengembangkan bakat dan minat yang dimiliki oleh Peserta didik, seperti yang dilakukan 2 siswa SMP PGRI 6 Surabaya yaitu SAIFUL AKBAR dan RIZKI FAJAR RIANSYAH, dalam menyadarkan masyarakat untuk tetap di rumah saja.

Pada hari Selasa, 29/12/2020 membuat Stand up Comedy dengan tema HIDUP SEHAT DAN TETAP DI RUMAH SAJA. Dimana SAIFUL AKBAR dan RIZKI FAJAR RIANSYAH menceritakan pengalaman mereka selama mengikuti Pembelajaran Daring ( On line ) karena adanya Pandemi Covid – 19 yang belum usai juga. Di samping itu, SAIFUL AKBAR dan RIZKI FAJAR RIANSYAH membuat Stand up Comedy agar Masyarakat tetap di Rumah saja. Apalagi saat ini akan Tahun Baru. Beliau berdua mengingatkan Protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M ( Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak). 

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bahwa di SMP PGRI 6 Surabaya tujuan dari kegiatan ini adalah mengajak kreativitas Siswa serta mengajak Masyarakat hidup sehat dan di rumah saja, tidak harus kemana-mana dan menerapkan protokol kesehatan 3 M tersebut. Makanya untuk membuat Masyarakat sadar, Kak SYAHRUL Pelatih Panahan alumni jurusan Matematika UNIPA kelahiran November 1986 berpikiran agar masyarakat bisa paham tentang penerapan protokol kesehatan dalam hidup sehat dan tetap di rumah saja memasukan Stand up Comedy SAIFUL AKBAR dan RIZKI FAJAR RIANSYAH ke link https://www.youtube.com/watch?v=YoSAhs_cJek&feature=youtu.be fan lINK https://www.youtube.com/watch?v=HE-ty50Jcxg&feature=youtu.be. 

Dan terakhir, bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap video Stand up Comedy tersebut menjadikan Masyarakat untuk memutus mata rantai Pandemi Covid – 19 dengan hidup sehat dan tetap di rumah saja walaupun di masa malam pergantian Tahun Baru ini. Sehingga Covid – 19 hilang dari muka bumi ini, serta anak-anak bisa kembali masuk ke sekolah untuk meneruskan cita – cita dan impian mereka.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar