APENSO INDONESIA

header ads

SUKSES HIDUP

SUKSES HIDUP


Oleh : Gempur Santoso

(Gubes Ergonomi-K3, Dewan Penasehat Ikatan Cedikiawan Muslim se-Indonesia - ICMI Muda, Jawa Timur)


Husnul khotimah. Artinya baik sampai akhir hayat. Kita mendoakan siapa saja terus menerus baik sampai wafat. Tentu yang kita doakan masih hidup.

Jangan sampai berdoa tidak baik alias jelek. Misal : su'ul khotimah. Artinya menjadi jelek sampai wafat. Atau doa jelek lainnya kepada yang hidup.

Doa apa kepada yang sudah wafat? Yang tepat doakan semoga yang wafat diampuni sagala dosanya. 

Semasa hidupnya baik atau jelek hanya Yang Maha Kuasa yang tahu. Yang penting kita doakan segala dosa yang wafat diampuni oleh Tuhan.

Oleh karena itu. Semasa hidup, ada istilah 'positive thingking' artinya berfikir positif. Atau berfikir baik. Atau, berprasangka baik. Kepada siapapun.

Berfikir positif, jelas tidak akan membebani diri sendiri. Membebaskan diri masing-masing. Bebas 'beban'. Sebab masalah orang lain bukan masalah kita. 

Kita punya hubungan dengan orang lain terkait sosial dan toleransi (teposliro) dengan sesama. Saling 'membantu', saling tolong menolong, saling memberi, gotong royong - dalam kebaikan.

Membantu atau beramal harus ikhlas. Pepatah Jawa ikhlas itu "mbantu tanpo rumongso kelangan" (membantu/memberi tidak merasa kehilangan).

Ya...hampa seperti tak ada apa-apa, walau ada yang diperbuat. Tanpa pamer, tanpa kesombongan. Diam seribu bahasa, walau berbuat kebaikan.

Lupakan, ikhlaskan kebaikan yang telah diperbuat di masa lalu, masa kini, juga nanti. Undat-undat sebagai cobaan ikhlas. Undat-undat tidak baik. Bahkan, undat-undat menjadikan orang lain menjadi rendah/merendahkan. 

Jika pernah salah, segera bertobat. Ampun bertobat pada Yang Maha Pembuat hidup. Tidak mengulangi kesalahan. 

Menjalani hidup penuh liku-liku, penuh 'warna'. Liku-liku hidup sudah pasti. Liku-liku hidup sebagai keseimbangan hidup. Saat berliku-liku itu, tahu banyak kehidupan ("warna"). Yang penting jalan sudah benar, walau berliku tetap menuju tujuan hidup sukses.

Sukses hidup adalah mampu mengabdi kepada Yang Maha Pembuat Hidup (Tuhan Allah SWT) sampai akhir hayat. 

Semoga semua sehat...aamiin yra.

(GeSa)










Posting Komentar

0 Komentar