APENSO INDONESIA

header ads

AJAK GURU - GURU SMP SE KOTA SURABAYA DONGKRAK NILAI AKM (NUMERASI)

“AJAK GURU - GURU SMP SE-KOTA SURABAYA
DONGKRAK NILAI AKM (NUMERASI)“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Ujian nasional (UN) telah diganti menjadi asesmen nasional (AN) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). AN nantinya dimulai pada 2021 atau menjadi AN 2021. Bagi siswa, tentu harus paham apa itu asesmen nasional. AN adalah asesmen yang dilakukan untuk pemetaan mutu pendidikan pada semua sekolah, madrasah, serta program kesetaraan jenjang dasar dan menengah. 

AKM menyajikan masalah-masalah dengan beragam konteks yang diharapkan mampu diselesaikan oleh murid menggunakan kompetensi literasi membaca dan numerasi yang dimilikinya. AKM dimaksudkan untuk mengukur kompetensi secara mendalam, tidak sekadar penguasaan konten. 

Literasi membaca didefinisikan sebagai kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, dan merefleksikan berbagai jenis teks tertulis. Tentu untuk mengembangkan kapasitas individu sebagai warga Indonesia dan warga dunia, juga untuk dapat berkontribusi secara produktif kepada masyarakat. 

Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan untuk (a) menggunakan berbagai macam angka dan simbol-simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari dan (b) menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, dsb.) lalu menggunakan interpretasi hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan.

Secara sederhana, numerasi dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengaplikasikan konsep bilangan dan keterampilan operasi hitung di dalam kehidupan sehari-hari (misalnya, di rumah, pekerjaan, dan partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan sebagai warga negara) dan kemampuan untuk menginterpretasi informasi kuantitatif yang terdapat di sekeliling kita. 

Kemampuan ini ditunjukkan dengan kenyamanan terhadap bilangan dan cakap menggunakan keterampilan matematika secara praktis untuk memenuhi tuntutan kehidupan. Kemampuan ini juga merujuk pada apresiasi dan pemahaman informasi yang dinyatakan secara matematis, misalnya grafik, bagan, dan tabel.

Dalam menyiapkan Asesnment Nasional Tahun 2021 Dinas Pendidikan Kota Surabaya pada hari Kamis, 7/1/2021 mengadakan kegiatan AKM T
tentang Numerasi. Dalam kesempatan tersebut yang menjadi pemateri adalah Ibu ISWATI, S.Si Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Alhamdulilah SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No 7-9 Kelurahan Wonokusumo,  Kecamatan Semampir dapat ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut yaitu ibu MEI KURNIATUL ADAWIYAH, S.Pd dan bapak H. BANU ATMOKO,S.Pd. 

(Kasie Kurikulum Dinas Pendidikan Kota Surabaya - Ibu Iswati, S.Si)


Kegiatan tersebut yang dilakukan melalui Zoom dengan link Join Zoom Meeting https://zoom.us/j/99652917961?pwd=c3gxUVFsOUsxM2JwNnlYckhHWHVKZz09. Dimana ibu ISWATI, S.Si menyampaikan untuk menunjang dan mendongkrak nilai AKM khususnya Numerasi yaitu pembuatan soal – soal bisa yang di buat MGMP Matematika dan RUMAH MATEMATIKA secara daring. Ibu ISWATI, S.Si berharap agar program tersebut dapat mendongkrak hasil nilai dari sekolah – sekolah dalam menghadapi AKM 2021 tersebut.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar