APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Masyarakat Perbanyak Sedekah, SMP PGRI 6 Surabaya Mempromosikan Perbanyak Sedekah Lewat TikTok

Ajak Masyarakat Perbanyak Sedekah, SMP PGRI 6 Surabaya Mempromosikan Perbanyak Sedekah Lewat TikTok


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Hari Jum’at, hari yang sangat mulia bagi kaum muslim. Hari yang memiliki berbagai keutamaan karena di hari Jum’at terdapat waktu-waktu yang akan dikabulkan do’a. 
Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda : “Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat waktu mustajab bila seorang hamba muslim melaksanakan shalat dan memohon sesuatu kepada Allah pada waktu itu, niscaya Allah akan mengabulkannya.” [Muttafaqun Alaih]. 

Ada berbagai macam amalan yang bisa kita lakukan di hari Jum’at, seperti membaca surat Al-Kahfi, memperbanyak berdo’a, memperbanyak shalawat Nabi dan lain sebagainya. Diantara amalan-amalan tersebut ada satu amalan yang begitu dahsyat yaitu bersedekah.

Sedekah adalah salah satu amal pemberat manusia menuju Surga. Sedekah pun tidak hanya soal materi. Nasehat, menolong sesama, bahkan senyumanmu untuk Saudaramu adalah bentuk amalan. Lantas, ada pertanyaan bagaimana jika kita sedekah dalam jumlah yang sedikit? 

Bersedekah sesungguhnya tidak ada takaran untuk besaran jumlahnya. Karena Allah sendiri telah menjamin pahala bagi mereka yang sudah berniat ikhlas dalam bersedekah. Sedekah walaupun sedikit tapi dilakukan secara rutin itu jauh lebih baik dibandingkan banyak, namun tidak kontinyu atau bahkan sama sekali.

Di hari Jum’at pula sedekah memiliki banyak keutamaan karena sedekah di hari ini sama halnya dengan sedekah di bulan Ramadhan.
Ibnu Qayyim berkata, ”Sedekah di hari Jum’at dibanding dengan sedekah di hari lain adalah seperti sedekah di bulan Ramadhan dibandingkan sedekah di bulan-bulan selainnya.” 

Selain itu, Allah juga akan melipatgandakan pahala bagi orang-orang yang bersedekah di hari Jum’at. Sedekah di hari Jum’at lebih baik dilakukan sebelum pergi melaksanakan shalat Jum’at dan dianjurkan juga untuk sedekah secara sembunyi tanpa diketahui orang lain agar terhindar dari sifat riya’ (pamer).

Sungguh istimewa dan dahsyatnya hari Jum’at sampai Allah pun akan menjamin pahala bagi siapapun yang melaksanakan amalan-amalan mulia di hari Jum’at. Dengan bersedekah kita tidak hanya telah mengerjakan suatu amalan, tapi juga sebagai ungkapan rasa syukur atas segala nikmat-Nya untuk kita. 

Sedekah juga sebagai penggugur dosa serta untuk membantu meringankan beban para dhuafa yang hidupnya tidaklah seberuntung kita saat ini. Yuk, kita perbanyak sedekah untuk wujudkan kehidupan para dhuafa yang lebih baik.

Pada masa Pandemi COVID – 19 yang sudah hampir 11 bulan semua protokol kesehatan sudah banyak di jalankan oleh seluruh masyarakat, tetapi itu semua belum lah cukup untuk mengatasi itu semua. Siswa/Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Sabtu, 9/1/2021 membuat video Tik Tok untuk mengajak masyarakat memperbanyak sedekah. 

Adapun kegiatan ini di ikuti oleh NUR HALISA, SHAMILA, INAYAH dimana semua siswa kelas 9, MASAYU DINI SUCIATI dan YULIANA LATIFAH yang merupakan siswa kelas 8, serta dibantu bapak/ibu Guru SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS Surabaya. 

Kegiatan siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya di damping oleh kak SYAHRUL selaku Pelatih Pramuka dan Pelatih Panahan. Sebelum video tersebut di kerjakan oleh alumni jurusan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya kelahiran November 1986 memberikan arahan untuk video Tik Tok tersebut sebelum di buat. 

Selesai di buat video Tik Tok tersebut dikirim ke Intagram melalui link https://www.instagram.com/p/CJ0n2YulHNb/?igshid=ydlerzobc3h8, di samping itu juga dikirimkan ke link Tik Tok yaitu https://vt.tiktok.com/ZScPdA14/. Selain itu, video Yuck Bersedekah tersebut di kirim oleh Kak SYAHRUL, S.Pd ke link You Tobe yaitu https://youtu.be/N6nUyR9NGGk. 

Menurut Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd bahwa tujuan pembuatan Video Tik Tok adalah mengajak warga masyarakat untuk memperbanyak sedekah. Karena dengan sedekah dapat membantu kita dalam menghadapi permasalahan sebesar apapun termasuk masalah Pandemi COVID – 19.

Semoga dengan sedekah ini, Allah swt melindungi diri kita dan keluarga kita terkena dari COVID-19. Di samping itu juga, SMP PGRI 6 Surabaya ikut berpartisipasi kegiatan yang diadakan oleh Sharia Economic Festival dengan membuat Video Tik Tok tersebut dengan mendaftar melalui link https://docs.google.com/forms/d/e/1FAIpQLSdklmTUN5KntG0_W8AFyaPIGnenoTJ0L0mZlUeU4F_d3FroEg/viewform?vc=0&c=0&w=1&flr=0&gxids=7628.

Bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd berharap Video Tik Tok Yuck Sedekah bisa menjadikan masyarakat di seluruh Indonesia untuk gemar melakukan sedekah, apapun sedekah yang diberikan akan menjadi ladang amal.
#TantanganGuruSiana
#dispendik Surabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar