APENSO INDONESIA

header ads

Ajak Menjadi Sekolah Unggul Pengawas Pembina Mengajak untuk Tertib Administrasi Sekolah

“Ajak Menjadi Sekolah Unggul Pengawas Pembina Mengajak untuk Tertib Administrasi Sekolah“

(Foto : Sosialisasi Program Pengawas)

Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Pihak sekolah diminta mengelola arsip dengan lebih baik. Pasalnya, arsip menjadi gambaran perjalanan sejarah sekolah maupun sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk siswa didik. Khususnya tentang pengelolaan arsip dinamis dari penciptaan arsip yang meliputi pembuatan dan penerimaan arsip, penggunaan dan pemeliharaan arsip, baik pendistribusian dan perawatan, serta penyusutan arsip yang meliputi tahapan pemindahan, penyerahan, dan pemusnahan.

Diakui, masih ada sekolah yang belum melaksanakan tertib administrasi secara optimal. Sehingga, dikhawatirkan ada arsip sekolah yang hilang atau rusak. Karenanya, poin penting yang harus segera dilaksanakan adalah mewujudkan pengelolaan arsip di lingkungan sekolah dengan baik, mengingat pengelolaan arsip yang baik akan menjamin keselamatan dan keamanan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kami terus berupaya meningkatkan SDM kearsipan dalam mendukung tertib arsip sekolah. Bagaimana pun pemerintah termasuk pihak sekolah, pada hakikatnya adalah pelayan masyarakat, bertugas melayani masyarakat. Sekolah berkewajiban dan bertanggung jawab untuk memberikan layanan publik yang baik dan profesional sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.

Memasuki Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 Sekolah Swasta Kecamatan Semampir dan Pabean Cantikan menerima pembinaan pengawas yaitu bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd. pada hari Selasa, 12/1/2021 di Gedung SMP AL IRSYAD Surabaya. Dalam kesempatan tersebut bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd menjelaskan tentang Sosialisasi Program Pengawas yaitu Pembinaan Guru yang terdiri dari Administrasi Guru, Penyusunan RPP, Pelaksanaan Pembelajaran, Penilaian Hasil Belajar, Administrasi Guru BK, Pembinaan Kepala Sekolah yaitu Program Perencanaan Kerja Kepala Sekolah, Pembiayaan BOS, Pembiayaan BOPDA, Administrasi Kepegawaian, Administrasi Kesiswaan, Administrasi Perpustakaan.

(Foto : Keadaan ketika Sosialisasi)


Di samping itu, bapak Drs. ADJI SUHARKO, M.Pd juga menjelaskan kepada sekolah binaannya untuk mempersiapkan berkas untuk nominasi yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 - 21 Januari 2021. Bapak Pengawas Pembina meminta agar sekolah binaannya tidak ada masalah pada saat nominasi Ujian Sekolah nanti. Jadi, beliau meminta agar Kepala SMP Swasta Kecamatan Semampir dan Pabean Cantikan tertib dalam Administrasi khususnya beliau meminta agar Dokumen Kurikulum yang belum untuk segera di selesaikan karena Dokumen Kurikulum syarat untuk nominasi.

Dalam kesempatan ini, Penulis yang juga Kepala SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir yang juga Ketua MKKS SMP Swasta Surabaya Utara yang ikut mendampingi Pengawas Pembina menyampaikan agar teman - teman untuk bisa tertib dalam Administrasi Sekolah apalagi di saat daring ini dokumen Administrasi harus disiapkan khususnya dalam menghadapi Nominasi Ujian Sekolah serta persiapan untuk Akreditasi yang dimana masa Pandemi ini kemungkinan Akreditasi adalah secara daring. 

Jadi, diharapkan semua berkas disiapkan mulai sekarang. Di samping itu, Kepala Sekolah alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 mengajak kepada Kepala SMP Swasta Kecamatan Semampir dan Pabean Cantikan agar tetap menjaga protokol kesehatan dengan 3M memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak agar diri sendiri dan keluarga terhindar dari COVID - 19.

Di akhir acara, bapak Drs. H IMAM SYAFI’I, M.M Kepala SMP IHYAUS SALAFIYAH menutup dengan Doa. Semoga Kepala SMP Swasta Kecamatan Semampir Pabean Cantikan beserta Guru dan Keluarga Guru dijauhkan dari COVID - 19. Diberikan kesehatan lahir bathin, serta semoga Pelaksanaan PPDB 2021/2022 SMP Swasta Kecamatan Semampir dan Pabean Cantikan terpenuhi pagu PPDB 2021/2022.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat



Posting Komentar

0 Komentar