APENSO INDONESIA

header ads

Ajarkan Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya Untuk Selalu Bersedekah Dan Berbagi Kepada Masyarakat“

“Ajarkan Siswa / Siswi SMP PGRI 6 Surabaya
Untuk Selalu Bersedekah Dan Berbagi Kepada Masyarakat“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Sedekah adalah amal ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam. Ada sejumlah keutamaan sedekah mulai dari menghilangkan cemas, menyembuhkan penyakit hingga menolak wabah. Sedekah merupakan amalan yang dilakukan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa mengharapkan imbalan. 

Bentuknya tidak hanya memberikan harta dan benda, tapi amal kebaikan bahkan senyuman juga bernilai sedekah di sisi Allah. Berbagi dengan sesama atau familiar dengan nama sedekah sangat dianjurkan dalam syariat Islam. 

Banyak sekali manfaatnya, berikut keutamaan sedekah. 1. Menghilangkan cemas; 2. Penyembuh. Sedekah juga dapat menjadi obat penyembuh bagi orang yang sakit. Aini menyarankan setiap orang untuk meniatkan kesembuhan ketika bersedekah. Rasulullah pernah mencontohkan jika tak ada obat dari suatu penyakit, maka bersedekahlah. Sedekah menjadi perantara menyembuhkan penyakit misalnya kerabat atau orang tua kita. Dalam syariat Islam disunahkan untuk bersedekah dengan berdoa kepada Allah untuk mengangkat penyakit tersebut.

3. Menolak wabah dan menolak bala. Sedekah juga dapat menjadi penolak wabah dan penolak bala, terutama di masa pandemi virus corona. Sedekah bisa melindungi atau menolak 70 macam wabah. Oleh karena itu, perbanyak sedekah agar keluarga kita terhindar dari wabah.

4. Menghapus dosa. Sedekah juga dapat menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat. Hal ini sesuai dengan hadis riwayat At Tirmidzi yang menyebutkan sedekah dapat menghapus dosa seperti air memadamkan api.

5. Keberkahan harta. Allah swt menjanjikan orang yang bersedekah tidak akan kekurangan harta benda. Di sisi lain, Allah swt memberikan keberkahan pada harta tersebut. 

6. Dilindungi dari siksaan. Bersedekah dapat membuat seseorang terhindar dari siksa kubur dan memperoleh naungan di hari pembalasan. Allah juga menyediakan pintu surga khusus bagi orang yang rajin bersedekah. 

7. Pahala yang terus mengalir. Sedekah termasuk dalam pahala yang terus mengalir kepada seseorang. Dalam hadis riwayat Muslim dijelaskan Rasulullah bersabda, jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu sedekah jariah, ilmu yang bermanfaat, dan doa anak yang soleh.

Sebagai Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan dan sekolah Karakter SMP PGRI 6 Surabaya yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo, Kecamatan Semampir pada hari Jum’at 8/1/2021 siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “AL-IKHLAS Surabaya membagikan sedekah nasi bungkus kepada warga masyarakat seperti Tukang becak, Pemulung, Tukang sampah, Sopir angkot. 

Kegiatan tersebut dilaksanakan pukul 09.00. Sebelum memulai kegiatan tersebut seluruh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya SDS “AL- IKHLAS Surabaya bapak/ibu Guru melaksanakan kegiatan pembacaan Istighosah dan Manaqib yang di pimpin oleh bapak Ustad ACHMAD SYAIFUDDIN, S.H. I selaku Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti di SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS “ AL-IKHLAS Surabaya.

Sebelum memulai acara Kepala SMP PGRI 6 Surabaya alumni jurusan PLS UNESA kelahiran April 1984 bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd mengajak seluruh siswa/siswi dan Guru untuk menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Apalagi saat ini yang meninggal akibat COVID di Surabaya semakin banyak, serta berdoa untuk kesehatan keluarga maaing-masing agar terhindar dari penyakit dan COVID - 19. 

Di samping itu, bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd mengajak untuk banyak - banyak sedekah apalagi di musim COVID seperti ini agar Allah swt melindungi diri prinadi dan keluarga dengan sedekah yang diberikan tersebut. 

OJOK NGENTENI SUGIH BARU MAU SEDEKAH,“ kata bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd di depan siswa/siswi dan bapak/ibu Guru. 

Dalam kesempatan ini, bapak H. BANU ATMOKO, S.Pd juga membagikan susu dan Coklat TOP kepada siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya dan SDS "AL-IKHLAS serta bapak/ibu Dewan Guru baik SMP PGRI 6 Surabaya maupun SDS "AL-IKHLAS Surabaya. Semoga sedekah yang dilakukan oleh siswa/siswi SMP PGRI 6 Surabaya SDS “AL-IKHLAS Surabaya serta bapak/ibu Guru mendapatkan berkah barokah selamanya.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar