APENSO INDONESIA

header ads

Indahnya Suka Duka Bersama SAHABAT Di Saat Pandemi Covid – 19

“Indahnya Suka Duka Bersama SAHABAT
Di Saat Pandemi Covid – 19“


Oleh : H. Banu Atmoko
Apenso Indonesia



Persahabatan atau pertemanan adalah istilah yang menggambarkan perilaku kerja sama dan saling mendukung antara dua atau lebih entitas sosial. Artikel ini memusatkan perhatian pada pemahaman yang khas dalam hubungan antar pribadi. Dalam pengertian ini, istilah "persahabatan" menggambarkan suatu hubungan yang melibatkan pengetahuan, penghargaan, afeksi dan perasaan.

Sahabat akan menyambut kehadiran sesamanya dan menunjukkan kesetiaan satu sama lain, seringkali hingga pada altruisme. Selera mereka biasanya serupa dan mungkin saling bertemu, dan mereka menikmati kegiatan-kegiatan yang mereka sukai. Mereka juga akan terlibat dalam perilaku yang saling menolong, seperti tukar-menukar nasihat dan saling menolong dalam kesulitan. 

Sahabat adalah orang yang memperlihatkan perilaku yang berbalasan dan reflektif. Namun bagi banyak orang, persahabatan seringkali tidak lebih daripada kepercayaan bahwa seseorang atau sesuatu tidak akan merugikan atau menyakiti mereka. Nilai yang terdapat dalam persahabatan seringkali apa yang dihasilkan ketika seorang sahabat memperlihatkan secara konsisten : kecenderungan untuk menginginkan apa yang terbaik bagi satu sama lain. Simpati dan empati. Kejujuran, barangkali dalam keadaan-keadaan yang sulit bagi orang lain untuk mengucapkan kebenaran. Saling pengertian, seringkali ada anggapan bahwa sahabat sejati sanggup mengungkapkan perasaan-perasaan yang terdalam, yang mungkin tidak dapat diungkapkan, kecuali dalam keadaan-keadaan yang sangat sulit, ketika mereka datang untuk menolong. 

Dibandingkan dengan hubungan pribadi, persahabatan dianggap lebih dekat daripada sekadar kenalan, meskipun dalam persahabatan atau hubungan antar kenalan terdapat tingkat keintiman yang berbeda-beda. Bagi banyak orang, persahabatan dan hubungan antar kenalan terdapat dalam kontinum yang sama.

Disiplin-disiplin utama yang mempelajari persahabatan adalah sosiologi, antropologi, dan zoologi. Berbagai teori tentang persahabatan telah dikemukakan, di antaranya adalah psikologi sosial, teori pertukaran sosial, teori keadilan, dialektika relasional, dan tingkat keakraban.

Pada hari Sabtu, 16/1/2021 Sahabat – sahabat Kepala SMP Swasta Surabaya utara mendatangi SMP PGRI 6 Surabaya Sekolah Peduli Berbudaya Lingkungan yang terletak di Jalan Bulak Rukem III No. 7 – 9 Kelurahan Wonokusumo Kecamatan Semampir. Kedatangan beliau - beliau nya ke SMP PGRI 6 Surabaya adalah untuk menghadiri pernikahan putra dari bapak Drs. KARTAYIB, M.M Kepala SMP Cahaya Surabaya di SMP PGRI 6 Surabaya, yaitu bapak KH Drs. ASIF CHOZIN, M. M Kepala SMP Kawung 1 Surabaya, bapak Drs. H. MAHFUDZ, M.Pd . I, bapak SYAHRUL, S.Pd selaku Kepala SMP Kemala Bhayangkari 6 Surabaya dan ibu Dra. SUNTARI, M.M alumni Kepala SMP Tri Tunggal VII Surabaya.

Beliau - beliau transit sebelum mendatangi rumah bapak Drs. KARTAYIB, M.M tersebut di SMP PGRI 6 Surabaya mereka bercanda mengobrol barsama. Tak terasa waktu sudah pukul 11.00 kita semua berangkat menuju kediaman bapak Drs. KARTAYIB di daerah Bulak Banteng Lor Masjid.

Di rumah bapak Drs. KARTAYIB, M.M mereka datang berbarengan dengan Manten yang baru datang juga. Di sana kita melanjutkan mengobrol dan tertawa bersama sambil menikmati hidangan Kikil, Gado - gado, Tahu campur, Empek - empek, Nasi goreng, Ayam Adun, dan Es. Disana mereka bercanda bersama. 

Selesai dari kediaman bapak Drs. KARTAYIB, M. M, bapak Drs H. MAHFUDZ, M.Pd. I, bapak SYAHRUL, vapak ANAS FAUZI, bapak AINUL YAQIN, S.Si menikmati kopi, makan Mie bihun dan Roti di SMP PGRI 6 Surabaya. Bagi Penulis kedatangan tamu adalah menambah rezeki bagi Penulis dan keluarga, serta bagi SMP PGRI 6 Surabaya. Persahabatan adalah anugrah terindah dari Tuhan yang harus di jaga sampai ajal menjemput.
#TantanganGuruSiana
#dispendikSurabaya
#Guruhebat




Posting Komentar

0 Komentar