APENSO INDONESIA

header ads

MENGENALKAN BONBIN

MENGENALKAN BONBIN


Oleh : apensoindonesia.com


Sejak dari rumah. Mendengar, melihat binatang. Di kebun binatang. Cucu - cucu senang bukan kepalang. Tampak, mereka cepat mandi. Cepat sarapan.

Hari Jum'at 1/1/2021. Tak apa, ke bonbin (kebun binatang). Dekat masjid Al Falah. Jum'atan.

Sekarang tertulis KBS (kebun binatang Surabaya). Dulu, terkenal bernama (direnten zoo). Tapi sama. Tempat sama. Tak berubah, berisi berbagai binatang/hewan. 

Sudah lebih lima kali saya ke situ. Bonbin. Anak - anak kecil biar mengenal binatang. Dulu, anak - anak kami. Beberapa ponakan kami dari Kediri. Masih kecil. Anak - anak. Saat ini cucu - cucu kami. Lihat bonbin. Selalu menyenangkan.

Sampai bonbin. Sudah menjelang masuk waktu Jum'atan. Kata petugas bonbin: di dalam bonbin ada Masjid. Tapi tak bisa masuk. Bonbin ditutup.

Istri, anak yang cewek, beserta cucu - cucu. Nunggu di tempat karcis. Ada kursi. Nyaman. Kami dan anak cowok, ke Al Falah. Sholat. Jum'atan. Sesuai rencana semula.

Ke Masjid. Cukup jalan kaki. Jalan bersih. Rambu dan lampu traffic tertata. Penuh taman bunga. Sangat aman dan nyaman. 

Sampailah di Al Falah. Sambil mengenang. Dulu saya sering ke Masjid ini. Tetap bersih, rapi. Dan, di dalam sejuk dingin.

Saat ini, petugas Masjid sangat peduli menyiapkan protokol kesehatan. Para jemaah harus mematuhi. Demi semua tetap sehat.

Selesai sholat Jum'at. Menuju rombongan. Bonbin dibuka. Telah beli karcis. Online. Di print. Selembar kecil untuk serombongan. Antri singkat. Masuk bonbin.

Lihat berbagai hewan. Cucu sempat berfoto dengan hewan. Di luar jeruji kandang hewan.

Terus berjalan. Sambil melihat mengenalkan nama hewan ke cucu - cucu. Nama jenis binatang tertempel di tepi kandangnya.

Ketemu rest area. Saya pamit rombongan. Duduk. Saya menunggu di sini saja. Di tempat rindang. Semilir.

Rombongan terus berkeliling. Sampai tuntas melihat dan memperkenalkan jenis hewan.

Rombongan kembali ke tempat saya menunggu. Mau pulang. Mencari jalan keluar.

Ternyata, mau keluar. Petunjuk arah jalan mubeng (berputar putar). Sampai depan. Diarahkan keluar tepat patung. Untuk berfoto dengan patung "Surabaya". Patung ikan dan buaya. 

Di patung itu. Banyak penjaja foto. Saya sekeluarga sempat berfoto. Langsung jadi. Dicetak di pinggir jalan. Anak laki - laki saya menuggu di situ. Menunggu foto jadi.

Kami dan yang lain. Terus berjalan. Menuju tempat parkir. Jauh. Kaki saya terasa teol (lelah). Sampailah di kendaraan parkir.

Andai patung tempat penjaja foto dengan tempat parkir tidak jauh. Dekat. Tidak terkesan mbulet. Membuat semakin jauh berjalan. Apalagi kakiku tua di makan usia. Menjadi teol. Lelah. Sampai juga. Tuntas juga. 

Terasa makin sehat, walau membuat kaki saya terasa teol bin keju.

Salam sehat untuk semua...aamiin yra.

(GeSa)



(Gambar Playon (berlari-lari) - di Rest Area di dalam Bonbin)





Posting Komentar

0 Komentar